Berkendara di jalan yang sempit memang membutuhkan skill lebih. Wahana Honda
Berkendara di jalan yang sempit memang membutuhkan skill lebih. Wahana Honda

Safety Riding

Begini Trik Berkendara Sepeda Motor di Jalan Sempit

Otomotif tips motor tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 02 Juli 2020 17:15
Jakarta: Berkendara dengan sepeda motor memang memiliki beberapa kelebihan, dengan menggunakan sepeda motor Anda bisa berkendara di jalan-jalan dan juga gang sempit dimana alat transportasi lain, seperti mobil tidak bisa mengaksesnya. Selain itu di dalam kota memang sepeda motor lebih terbukti efektif untuk digunakan mengatasi segala jenis macet yang sering terjadi.
 
Namun berkendara dengan menggunakan sepeda motor memang dikenal haruslah memiliki kemampuan lebih. Disamping menjaga keseimbangan, pengguna sepeda motor juga harus memiliki kemampuan fokus yang luar biasa untuk bisa berkendara dengan aman apalagi di jalan-jalan yang sempit.
 
Tapi perlu diingat bahwa berkendara di jalan yang sempit memang membutuhkan skill lebih dan tidak semua orang bisa melakukannya. Nah berikut ini adalah beberapa tips berkendara dengan menggunakans sepeda motor di jalan yang sempit dari Wahanahonda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Berkendara dengan Badan Tegak
Salah satu hal yang paling harus diperhatikan ketika berkendara di jalan yang sempit adalah keseimbangan. Nah, salah satu cara untuk menjaga sepeda motor tetap dalam keadaan seimbang adalah dengan posisi tubuh yang tegak. Disaat tubuh tegak Anda akan lebih bisa mengendalikan keseimbangan dengan lebih baik.
 
Selain itu, jangan pernah untuk melakukan pengereman mendadak ataupun menggerakan stang secara mendadak. Jika secara mendadak kita melakukan manuver kita akan jadi lebih kesulitan untuk menyeimbangkan kembali sepeda motor kita di jalan yang sempit.
 
2. Tetap Berada di Lajur Kiri
Walaupun jalan tersebut sempit Anda juga harus memperhatikan pengguna jalan yang lainnya. Di jalan yang sempit yang biasanya ada di pedesaan ataupun gang – gang perkotaan kita tentunya memiliki kemungkinan untuk berpapasan dengan kendaraan lainnya. Nah, akan sangat bijaksana jika kita tetap memperhatikan kondisi tersebut dan berkendara di lajur kiri.
 
Dengan mengendarai sepeda motor di lajur jalan kiri kita akan memberikan kesempatan pengendara lainnya untuk lewat. Selain itu Anda juga perlu untuk mengalah jika memang tidak bisa dilewati oleh dua kendaraan, berhenti dan membiarkan sepeda motor lain untuk lewat kemudian barulah kamu kembali berjalan.
 
3. Memberikan Peringatan
Kadang di jalan yang sempit kita tidak bisa melihat apakah jalan tersebut kosong atau ada kendaraan lain, terutama di belokan. Nah, disaat seperti ini tidak ada salahnya untuk membunyikan klakson untuk memberikan peringatan. Hal ini sangat membantu kendaraan yang ada di depan Anda akan lebih menyadari bahwa ada pengendara yang akan muncul dari belokan.
 
Praktek seperti ini juga bisa dilakukan di berbagai jalan di pedesaan, terutama karena memang jalan berkelok sangatlah sulit untuk kita bisa melihat kendaraan yang ada di depan kita.
 
4. Jaga Jarak Aman
Terutama di jalan sempit yang berada di pedesaan biasanya dicampur dengan jalan yang menanjak serta menurun. Salah satu solusi paling efektif agar lebih aman berkendara di jalan sempit ini adalah dengan menjaga jarak dari kendaraan yang ada di depan. Hal ini berguna kalo keadaan darurat terjadi kamu masih memiliki jarak aman untuk misal, melakukan pengereman ataupun hal lainnya.
 
Selain itu menjaga jarak aman adalah sebuah teori yang benar-benar harus diterapkan dimana saja karena memang jarak aman sangatlah membantu menghindari kecelakaan dan juga hal tidak diinginkan terjadi.
 
5. Hindari Melewati Jalan Sempit di Malam Hari
Berkendara di malam hari merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Nah, sebaiknya kamu menghindari melewati jalan sempit di malam hari. Kenapa? Karena kita tidak memiliki jarak pandang yang cukup. Kedua, jika kita tidak mengetahui medan yang akan kita lalui tentunya akan sangat berbahaya untuk kamu yang mengendarai sepeda motor, jadi disarankan untuk tidak melewatinya di malam hari.
 
6. Cek Sistem Pengereman
Sistem pengereman ini sangatlah membantu kamu melewati jalanan sempit, karena jika pengereman maksimal Anda akan lebih aman dan tentunya lebih tenang. Jika Anda melewati jalanan sempit yang ada di pedesan, pengereman adalah faktor utama yang harus kamu perhatikan. Jadi sudah wajib hukumnya untuk cek terlebih dahulu kondisi rem kamu.

 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif