Oli harus rutin diperiksa agar performa mesin tetap terjaga. Dan's Motorcycle
Oli harus rutin diperiksa agar performa mesin tetap terjaga. Dan's Motorcycle

Cek Kondisi Oli Sepeda Motor, Wajib agar Tak Mogok

Otomotif oli motor
M. Bagus Rachmanto • 29 Desember 2018 11:10
Jakarta: Oli atau pelumas merupakan salah satu cairan penting yang menunjang mesin agar memiliki performa yang baik. Posisinya yang berada di dalam mesin membuat pengendara harus memeriksanya secara rutin agar kondisi mesin selalu sehat.
 
Yosi pemilik bengkel motor Bengbrand, di bilangan Bekasi Timur, menyarankan untuk memeriksakan rutin kondisi oli mesin kendaraan. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan melihat jarak tempuh motor.
 
"Kondisi oli bisa diperiksa melalui kondisi kilometer. Setiap 2.000 kilometer, kondisi oli harus diperiksa. Kemudian di 4.000 kilometer harus di ganti," jelas pria ramah ini saat bincang santai dengan Medcom.id, Jumat 28 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cek Kondisi Oli Sepeda Motor, Wajib agar Tak Mogok
 
Tidak hanya memantau melalui kilometer, jumlah oli pun harus dilihat. Dipstik yang berada di tutup oli mesin bisa menjadi acuan volume oli di mesin.
 
Yosi menjelaskan kondisi motor sudah dipanaskan terlebih dahulu dan kemudian dimatikan agar mesin agak kembali dingin. Kemudian motor bisa diparkir dalam kondisi standar tegak dan di periksa melalui dipstick.
 
"Kalau kondisi oli berada di bagian yang diarsir dipstik, maka jumlah oli cukup. Tetapi jika kurang maka bisa ditambahkan," tutup Yosi.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif