Jamur kaca akan dapat menggangu pengelihatan pengemudi di kondisi hujan. ANTARA/IsmarPatrizki
Jamur kaca akan dapat menggangu pengelihatan pengemudi di kondisi hujan. ANTARA/IsmarPatrizki

Tips Otomotif

Musim Hujan Datang, Jamur Kaca Mengancam

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 21 Oktober 2020 11:00
Jakarta: Jamur kaca menjadi momok bagi pengemudi karena sangat menganggu visibilitas dan sangat menggangu penampilan mobil. Terlebih saat ini akan memasuki musim hujan, ancaman jamur kaca semakin nyata.
 
Di musim hujan jamur akan lebih mdah timbul di kaca, Baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kemunculan jamur di kaca mobil akan semakin parah jika pemilik mobil tak mempedulikannya.
 
"Jamur kaca bisa timbul jika setelah kena air tidak langsung dibersihkan atau dilap kering," kata Kepala Bengkel Auto2000 Lenteng Agung, Adhara Edy Prabowo, melalui situs resmi Auto2000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain karena air hujan, jamur kaca juga bisa dipicu karena kualitas air yang dipakai untuk cuci mobil. Misalnya air yang digunakan itu air tanah dan kandungan kapurnya cukup tinggi, maka resiko timbul jamur semakin besar. Begitu juga menggunakan air tanah yang mengandung unsur besi dan garam dapat menimbulkan jamur pada kaca atau kaca menjadi kusam.
 
Jamur kaca yang hinggap memang sekilas tampak sepele sebab jenis kotoran satu ini secara sekilas memang tak mengganggu penampilan mobil secara keseluruhan. Namun jangan salah, jika mengemudi saat hujan di malam hari, kemudian pandangan ke depan malah berpendar, biang keladi hal itu adalah jamur kaca.
 
Bayangkan jika kondisi tersebut dibiarkan, pandangan berpendar atau bahkan kesulitan untuk melihat kondisi luar. Tentu akan mengancam keselamatan berkendara.
 
Untuk menghindari ancaman jamur kaca tersebut, maka biasakan selalu bilas mobil setelah kehujanan. Selain dapat membuat permukaan mobil lembab, zat asam yang dikandung air hujan dapat merusak lapisan cat mobil.
 
Selain itu, biasakan parkir di tempat yang teduh dan beratap. Jika sembarangan memilih tempat parkir, seperti di tempat yang lembab, dapat membuat debu dan kotoran menempel. Jika dibiarkan terlalu lama, kaca mobil akan cepat berjamur. Jangan lupa juga lakukan pengecekan volume air wiper dan kondisi bilah wiper mobil.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif