Pengemudi juga harus tahu kapan saat yang tepat untuk mengaktifkan fitur ini. Clutchmagonline
Pengemudi juga harus tahu kapan saat yang tepat untuk mengaktifkan fitur ini. Clutchmagonline

Pahami Cara Kerja Cruise Control pada Mobil

Otomotif teknologi tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 03 Juli 2019 09:25
Jakarta: Penggunaan teknologi canggih di industri otomotif kian berkembang pesat. Terbukti pada mobil keluaran terbaru yang banyak dilengkapi dengan beragam fitur. Di antaranya teknologi self driving atau mobil otonom, yang memungkinkan pengemudi dapat berkendara secara otomatis.
 
Namun, saat ini penggunaan teknologi otonom belum diterapkan secara keseluruhan di semua mobil. Berbeda dengan teknologi cruise control, yang sudah bisa ditemukan pada mobil kebanyakan.
 
Cruise control atau yang juga dikenal dengan sebutan speed control, merupakan teknologi yang diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk berkendara tanpa harus menginjak pedal gas, saat kecepatan mobil stabil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pahami Cara Kerja <i>Cruise Control</i> pada Mobil
 
Menurut beberapa sumber, cara kerja cruise control ini terbilang sederhana. Biasanya, fungsi cruise control diaktifkan melalui tombol yang tersedia, maka bukaan katup throttle otomatis diatur oleh perangkat elektronik engine control module (ECU), sehingga suplai bahan bakar ke ruang mesin menjadi konstan. Dengan begitu laju mobil pun menjadi stabil pada kecepatan tertentu, sesuai yang diinginkan oleh pengemudi.
 
Umumnya crusie control dapat diaktikan mulai kecepatan 40-80 km per jam. Selain itu, mobil yang telah mengaplikasikan fitur ini juga dilengkapi dengan sensor khusus di bagian pedal rem atau pedal kopling.
 
Pahami Cara Kerja <i>Cruise Control</i> pada Mobil
 
Fungsi sensor tersebut untuk me-nonaktifkan atau mematikan fungsi cruise control.Jadi ketika pedal rem atau pedal kopling diinjak, maka secara otomatis fungsi control speed akan mati. Untuk cara lain biasanya dengan cara menekan tombol off yang tersedia.
 
Penting untuk diketahui, pengemudi juga harus tahu kapan saat yang tepat untuk mengaktifkan fitur ini, karena bila tidak akan berbahaya. Sebaiknya tidak digunakan di jalan raya, jalan yang banyak tikungan, tanjakan, turunan ataupun didalam perkotaan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif