Peralatan yang wajib ada di mobil. Baterrysaver
Peralatan yang wajib ada di mobil. Baterrysaver

Tips Knowledge

5 Benda Penting yang Wajib Ada di Mobil

Otomotif tips mobil
M. Bagus Rachmanto • 27 Juli 2020 13:37
Jakarta: Salah satu faktor yang menguatkan kita untuk membeli mobil adalah kemungkinan atau kebiasaan kita menempuh jarak jauh, baik itu untuk kegiatan santai maupun kegiatan rutin seperti ke tempat kerja.
 
Walaupun kita mahir menyetir atau pun tahu jalan, namun tidak sedikit di antara kita yang tidak mengerti mesin atau pun tidak tahu hal-hal penting yang harus dibawa/disiapkan untuk membuat situasi dan kondisi terkendali saat hal-hal tak diinginkan terjadi sepanjang perjalanan.
 
Beberapa kejadian yang tentunya tidak ingin kita alami atau saat tiba-tiba awan menjadi kelabu dan hujan deras turun, atau mungkin macet yang tidak diharapkan membuat kita kelaparan atau kehausan di dalam mobil di tengah panjangnya antrean mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, kita harus selalu siap sedia dengan perlengkapan penting yang mungkin selama ini kita anggap sepele. Dilansir Auto200 berikut beberapa panduannya.
 
1. Payung
Mengingat kondisi alam Indonesia yang hanya terdiri dari 2 musim saja, yaitu hujan dan kemarau, maka kita harus selalu siap sedia payung di dalam mobil. Apalagi dengan pemanasan global, terkadang hujan bisa terjadi dengan tiba-tiba.
 
Payung yang kita siapkan sebaiknya berukuran besar, karena bisa saja saat itu kita sedang berkendara dengan orang lain, sehingga payung tersebut harus bisa melindungi 2—3 orang sekaligus daripada harus bolak balik, ‘kan?
 
Payung ada berbagai jenis, namun akan lebih baik jika kita menyiapkan yang berbahan terpal agar lebih tahan lama, karena bahan plastik lebih mudah robek/bolong apalagi di bagian jahitannya.
 
2. Snack
Tanpa bermaksud untuk membuat Anda gemuk, namun kita tidak pernah tahu kapan kita bisa tiba-tiba lapar saat macet panjang dan sialnya Anda lupa menyiapkan uang kecil untuk jajan atau lebih parah lagi, toko kecil tidak terlihat di sepanjang jalan.
 
Siapkanlah energy bar atau cemilan ringan seperti biskuit dan tentunya air mineral dalam kemasan gelas, namun lebih baik lagi jika Anda membawa air dalam wadah botol plastik/baja sehingga Anda pun bisa memastikan isinya selalu segar dan juga untuk menjaga agar kita tidak terlalu banyak menggunakan botol plastik kemasan sekali pakai-buang.
 
Untuk tetap menjaga lingkungan, apalagi jangan sampai gara-gara menggunakan botol/kemasan plastik sekali pakai membuat kita juga jadi menyampah sembarangan.
 
3. Senter
Kita tidak tahu kapan kita akan berada di jalan gelap karena minim penerangan di jalan dan kita perlu membuka kap mesin mobil. Pastikan baterai selalu dikeluarkan agar lebih awet dan tidak tiba-tiba habis di saat kita membutuhkan senter tersebut.
 
Pilihlah senter dengan jenis lampu yang hemat energi sehingga umur/masa pakai senter tersebut juga tahan lama hingga bertahun-tahun, jadi Anda tidak perlu selalu membeli karena senter Anda cepat rusak. Lebih bagus lagi kalau Anda membeli senter dengan fitur baterai yang bisa diisi ulang.
 
4. Kotak P3K
Tentunya keselamatan penumpang dan pengemudi sudah diantisipasi oleh Toyota. Namun, saat kecelakaan kecil tidak terhindarkan, misalnya tergores saat Anda berada di luar mobil atau mungkin kaki Anda kram saat mengemudi, Anda butuh pertolongan segera.
 
Banyak hal tak terduga yang mungkin terjadi saat menyetir mobil. Selalu siapkan balsam atau salep panas untuk mengobati otot tegang Anda, Betadine dan perban untuk mengobati luka Anda, obat pusing atau mual yang mungkin dibutuhkan oleh penumpang yang mengemudi bersama Anda. Antiseptik pencuci mulut pun mungkin perlu Anda siapkan jika Anda sering lembur dan tidak membawa sikat gigi.
 
5. Dongkrak
Anda tidak pernah tahu kapan tiba-tiba Anda melewati jalan ‘beranjau’ yang membuat ban mobil Anda kempis. Hal ini pernah terjadi kepada seorang teman, untungnya saat itu ia hendak masuk ke area parkir sebuah mall, jadi dia tidak perlu cemas mengenai penerangan sekitar dan keamanan.
 
Namun, ia tidak akan bisa apa-apa kalau tidak menyiapkan dongkrak dan ban serep. Jadi, selalu pastikan dua benda ini tersedia di dalam mobil Anda dan pastikan Anda paham cara menggunakan dongkrak. Dengan bantuan senter, ban bocor di malam hari pun tidak menjadi masalah.
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif