Salah spesifikasi pasang filter AC mobil bisa bikin sirkulasi udara dalam kabin jadi tidak sehat. Aant
Salah spesifikasi pasang filter AC mobil bisa bikin sirkulasi udara dalam kabin jadi tidak sehat. Aant

Perawatan Kendaraan

Salah Spesifikasi Filter AC, Bikin Udara dalam Kabin Tak Sehat

Otomotif nissan bengkel mobil
Ahmad Garuda • 01 Juni 2020 12:27
Jakarta: Kejadian salah spesifikasi dalam memasang filter AC atau saringan udara di kabin, dialami oleh seorang pemilik Nissan March bernama Antonius Yulianto. Saat hendak melakukan perawatan ringan sendiri di rumahnya, Ia mendapati filter AC di mobil tersebut dalam kondisi terlihat dan terlihat seperti dipaksakan untuk masuk ke wadah yang lebih kecil.
 
Antonius yang merasa kecewa pun, bertambah kecewa ketika mendapati bengkel Nissan di Jalan Panjang sudah berubah jadi bengkel Kia. Lalu sebenarnya apa efek buruk yang akan terjadi saat spesifikasi saringan udara dalam kabin mobil ini salah spek yang mengakibatkan kondisinya terlipat?
 
Menurut Marketing Communication PT Prima Semesta Asia (produsen filter Ferrox), Eko Ferry bahwa setiap mobil itu punya ukuran filter udara masing-masing. Tidak semua seragam karena disesuaikan dengan ukuran dan kapasitas kabin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jelas penyaringan udara dalam kabin tidak akan maksimal jika tidak emnggunakan saringan udara dalam kabin yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Makanya kami selalu melakukan riset untuk pengembangan komponen filter ini sesuai dengan ukuran wadahnya. Mengingat ini akan menentukan maksimal atau tidaknya proses sirkulasi udara dalam kabin," klaim Eko.
 
Saat dikonfirmasi soal kejadian yang dialami oleh Aant, Eko menegaskan bahwa ini pemasangan itu bisa dilakukan karena filter yang terpasang dipaksakan masuk. Sehingga posisinya seperti ditekuk. Sementara kalau menggunakan ukuran yang sesuai tidak mungkin terjadi hal seperti itu. Apalagi jika memilih filter yang punya frame yang lebih kaku.
 
"Filter udara dalam kabin yang kami produksi, terbuat dari bahan karbon aktif pada dua sisi filter. Sehingga filter ini punya fitur khusus untuk membunuh bakteri dan membuat udara yang bersirkulasi di dalamnya lebih alami dari sekadar filter kertas yang kebanyakan digunakan jadi komponen OEM."
 
Tentu kondisi seperti ini, memang tidak berpengaruh terhadap keselamatan berlalu lintas. Namun secara tidak langsung, pengemudi dan orang yang ada di dalam kabin takkan menghirup udara yang bersih, sehingga rentan terjangkit bakteri dan virus.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif