Ilustrasi mengemudi. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ilustrasi mengemudi. Medcom.id/Ekawan Raharja

Safety Driving

Hal yang Harus Dilakukan Pengemudi Saat Mengalami Gempa

Otomotif gempa Gempa Bumi tips mobil safety driving tips otomotif
Ekawan Raharja • 18 Januari 2022 15:00
Jakarta: Gempa bumi merupakan kejadian alam yang lumrah terjadi di Indonesia, salah satunya adalah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Sumur, Banten pada Jumat (14/1/2022). Ketika sedang mengemudikan mobil, tentu Anda harus waspada dan bisa mengantisipasi kejadian alam tersebut.
 
Lalu bagaimana jika saat bencana alam tersebut terjadi, Anda sedang mengemudi atau berada di dalam mobil? Apa yang harus dilakukan?
 
Ada beberapa tindakan atau penanganan yang bisa Anda lakukan. Pengamat keselamatan berkendara dan Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, membagikan beberapa langkah antisipasinya seperti dilansir dari situs resmi Korlantas Polri RI;
 

1. Perhatikan Lingkungan

Saat sedang mengemudi, seringkali getaran yang dihasilkan saat gempa bumi tidak terasa karena bersamaan dengan getaran mesin dan laju kendaraan sehingga resiko terjebak di mobil bisa saja terjadi.
 
Di sini gejala atau datangnya gempa bumi dapat dilihat dari riuhnya orang-orang yang menyelamatkan diri. Jika gejala tersebut sudah terlihat, maka pengemudi serta orang yang ada di dalam mobil wajib mengetahui keadaan yang sebenarnya terjadi.
 
Halaman Selanjutnya
  2. Tetap Tenang untuk…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif