peserta asuransi harus mengetahui bagaimana cara klaim asuransi kendaraannya ketika sedang dibutuhkan. Asuransi Astra
peserta asuransi harus mengetahui bagaimana cara klaim asuransi kendaraannya ketika sedang dibutuhkan. Asuransi Astra

Asuransi Kendaraan

Bagaimana Cara Mudah Klaim Asuransi Kendaraan?

Otomotif asuransi kendaraan
Ekawan Raharja • 02 Juli 2020 10:12
Jakarta: Kecelakaan kendaraan atau masalah yang menimpa kendaraan bisa saja datang tidak disangka-sangka. Di tengah kondisi seperti itu, peserta asuransi harus paham bagaimana caranya mengajukan klaim asuransi agar bisa ditanggung kerusakannya oleh pihak asuransi.
 
SVP Communication, Event, and Service Management Asuransi Astra, L Iwan Pranoto, berucap bahwa klaim asuransi kendaraan sekarang ini mudah. Bahkan para peserta asuransi mereka bisa melihat cara dan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi melalui website yang sudah disediakan oleh mereka.
 
Di kantor asuransi tempat Iwan bekerja, peserta asuransi bisa melakukan klaim melalui aplikasi di gawai, call center, datang berkunjung ke kantor cabang, atau mengunjungi website resmi mereka. Peserta asuransi cukup menggunakan salah satu cara tersebut untuk melaporkan kondisi kendaraannya dan mengikuti prosesnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila melalui aplikasi, pelaporan klaim cukup dengan memencet fitur Garda Oto dan petugas nantinya akan menghubungi dalam waktu 1×24 jam untuk menindaklanjuti pengajuan klaim seperti penjadwalan dan tempat survei mobil. Sedangkan melalui call center bisa selalu dihubungi 24 jam tanpa henti dan petugas akan membantu proses klaim. Selain itu bisa juga langsung datang berkunjung ke kantor cabang, atau mengakses website dan mengikuti proses di kolom new claim yang sudah disediakan.
 
Tentu saja ketika melakukan klaim, peserta asuransi harus melengkapi sejumlah dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Klaim untuk kerusakan sebagian karena perbuatan jahat, pencurian komponen mobil, dan lain-lain bisa datang membawa dokumen berupa laporan kerugian dan telah ditandatangani tertanggung, fotokopi polis asuransi, fotokopi STNK kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, dan keterangan dari kepolisian setempat.
 
Sedangkan klaim untuk mengurusi kehilangan kendaraan karena perbuatan jahat orang lain perlu membawa laporan kerugian dan telah ditandatangani tertanggung, fotokopi polis asuransi, fotokopi STNK kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, keterangan dari kepolisian setempat, surat keterangan kaditserse kendaraan hilang dari Polda setempat, surat blokir STNK, dan Jika diperlukan dilakukan investigasi dari lembaga investigasi independen.
 
Sedangkan untuk klaim kerusakan kendaraan akibat kecelakaan perlu membawa dokumen laporan kerugian dan telah ditandatangani tertanggung, fotokopi polis asuransi, fotokopi STNK kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, keterangan dari kepolisian setempat dan surat tuntutan dari pihak ke-3 (jika terdapat tuntutan dari Pihak ke-3).
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif