Helm tanpa visor ternyata bisa menyebabkan kecelakaan sepeda motor. Wahana Honda
Helm tanpa visor ternyata bisa menyebabkan kecelakaan sepeda motor. Wahana Honda

Perlengkapan Berkendara

3 Resiko Ketika Menggunakan Helm Tanpa Visor

Otomotif tips motor perlengkapan berkendara safety riding tips otomotif
Ekawan Raharja • 25 November 2020 11:00
Jakarta: Menggunakan helm merupakan salah satu perlengkapan wajib ketika sedang berkendara sepeda motor. Meski sudah menggunakan helm sedang berkendara, perlu juga untuk melihat kondisi helm tersebut.
 
Pastikan helm yang digunakan memiliki strap pengunci dagu agar tidak mudah terlepas, memiliki label SNI untuk memastikan kualitasnya, dan dilengkapi visor atau kaca pelindung. Wahana Honda membeberkan setidaknya ada 3 resiko menggunakan helm yang tidak dilengkapi dengan visor atau kaca pelindung;
 

1. Mata Mudah Kelilipan Benda Asing

Visor atau kaca pelindung helm berguna sebagai penangkal debu, kotoran, hingga hewan-hewan kecil yang berterbangan di jalan agar tidak sampai masuk ke area mata. Jika berkendara dengan helm tanpa visor, risiko benda-benda asing masuk ke mata pun jauh lebih besar.
 
Jika sudah demikian, bisa mengalami gangguan penglihatan selama di jalan. Anda pun mungkin kehilangan kendali sesaat. Apabila tidak dapat menguasai diri dan motor, kendaraan yang ditumpangi bisa jatuh dan menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas sewaktu-waktu.
 

2. Mata Lebih Mudah Silau dan Penglihatan Terganggu

Selain untuk melindungi indra penglihatan dari masuknya benda-benda asing, visor juga berguna sebagai penangkal sinar UV dari matahari agar tidak mengganggu penglihatan selama berkendara di siang yang terik.
 
Tak hanya itu, sinar UV juga dapat merusak penglihatan jika dibiarkan masuk terus menerus. Maka dari itu, penggunaan visor sangat direkomendasikan terutama ketika berkendara di siang hari.
 

3. Kehilangan Kendali dan Konsentrasi

Jika indera penglihatan kemasukan benda asing atau silau saat berkendara, secara otomatis akan memicingkan mata ataupun menyekanya saat itu juga. Hal ini bisa berakibat fatal jika tidak bisa memegang kendali stang motor dengan kuat dan stabil.
 
Risiko jatuh hingga menabrak objek yang ada di depan merupakan yang paling sering terjadi. Tentu tidak mau mengalaminya, kan? Maka daripada mengenakan helm yang tidak dilengkapi visor atau kaca pelindung, lebih baik gunakan helm berstandar SNI yang dilengkapi dengan visor.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif