Jangan lewatkan ke-3 poin ini ketika sedang memeriksa kondisi ban mobil. Auto2000
Jangan lewatkan ke-3 poin ini ketika sedang memeriksa kondisi ban mobil. Auto2000

Tips Otomotif

3 Poin Penting Ketika Mengecek Ban

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 22 November 2020 15:00
Jakarta: Di musim hujan sekarang ini, pemilik kendaraan tentu wajib untuk memeriksa kondisi kesayangannya. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan ketika memeriksa kondisi kendaraan adalah sektor ban.
 
Kondisi ban yang sudah tidak baik, khususnya ketika melaju di jalanan hujan, bisa meningkatkan resiko aquaplaning atau hidroplaning. Aquaplaning dapat diartikan sebagai kondisi saat tekanan air terakumulasi di depan ban mobil sehingga telapak ban akan terangkat atau tidak menempel pada permukaan jalan ketika melaluinya.
 
Nah lantas poin-poin apa saja yang harus diperiksa ketika melakukan pengecekan ban? Auto2000 membagikan tips setidaknya ada 3 poin yang harus diperhatikan ketika mengecek ban.

1. Periksa Tekanan Angin Ban

Tekanan angin ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan memastikan telapak ban mobil memperoleh grip atau menapak aspal jalan dengan optimal.

2. Perhatikan Telapak Ban

Periksa ketebalan telapak ban via Tire Wear Indicator (TWI) yang terdapat di alur telapak ban. Segera ganti ban mobil ketika permukaan telapak ban sudah sejajar dengan indikator TWI untuk memastikan mobil tidak mudah tergelincir di jalan licin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Halaman Selanjutnya
3. Cek Dinding Ban, Inspeksi…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif