Tips Knowledge

Rutin Bersihkan Kabin Mobil, Cegah Bakteri Nempel

M. Bagus Rachmanto 13 Januari 2018 21:53 WIB
tips knowledge
Rutin Bersihkan Kabin Mobil,  Cegah Bakteri Nempel
Penting melakukan perawatan berkala interior mobil agar suasana kabin lebih sehat. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Libur akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk memanjakan mobil kesayangan. Salah satunya dengan melakukan perawatan berkala bagian interior, seperti membersihkan plafon atau langit-langit, serta karpet mobil.

Menurut Fahri pemilik salon mobil Kinclong di bilangan Jakarta Timur, membersihkan bagian langit-langit mobil dan karpet adalah hal yang kurang diperhatikan oleh pemilik. Padahal sisi atas dan bawah bagian dalam mobil ini cenderung menyimpan debu. 
 
Untuk itu Fahri membeberkan tipsnya bagaimana cara membersihkan interior mobil. Dia menyarankan, untuk membersihkan bagian plafon sebaiknya menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air. Apabila ada noda yang membandel sebaiknya menambahkan sabun cuci khusus. 

"Usahakan lap jangan terlalu basah, karena akan membuat langit-langit mobil menjadi lembab dan menimbulkan bau tak sedap," jelas Fahri, saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Langkah terakhir adalah menyeka dengan lap kering, ini dilakukan untuk menyerap sisa-sisa air dan kotoran yang masih menempel di bagian plafon. 


Selain plafon, bagian yang jarang diperhatikan dan tak tersentuh oleh pemilik kendaraan biasanya bawah jok mobil. Kadang bau tidak sedap muncul karena ada tumpahan susu atau minuman dengan rasa manis. 

Jika sudah begini, Anda sebaiknya cuci karpet mobil. Jika tidak, cairan tersebut bisa memunculkan jamur dan bakteri pembawa penyakit. 

Fahri menyarankan, sebaiknya melapis bagian dasar kabin dengan bahan yang tidak menyerap air. Dengan begitu, cairan yang tertumpah tidak meresap ke karpet dasar. Bahan serupa juga patut dipasang di bagian dashboard, kulit jok, langit-langit mobil, serta karpet mobil. 

Penting untuk membersihkan mobil setelah digunakan selama seharian. Terlebih setelah mobil Anda digunakan untuk perjalananan jauh. Selamat mencoba.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id