Rjin membersihkan bagian kabin dapat menghilangkan bau tidak sedap di mobil. Reader'sDigest
Rjin membersihkan bagian kabin dapat menghilangkan bau tidak sedap di mobil. Reader'sDigest

Kenali Penyebab Bau Tak Sedap yang Muncul di Kabin Mobil

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 14 Oktober 2019 07:33
Jakarta: Bau tak sedap yang muncul di dalam kabin mobil kerap kali menggangu kenyamanan berkendara. Penyebabnya bisa dari beragam faktor, seperti makanan, asap rokok, sampah berserak hingga tumpahan susu anak.
 
Mengutip dari wabsite resmi Nissan. meski permasalahannya terlihat sepele, tidak semua bau dapat disingkirkan hanya dengan menggunakan parfum mobil. Karena itu tidak ada salahnya kenali bau dan penyebabnya agar kita bisa menghilangkannya dengan cara yang efektif dan tepat.
 
Bau Apek
AC memiliki evaporator yaitu bagian yang mengubah udara luar menjadi dingin saat masuk ke kabin. Terciumnya bau apek saat menyalakan AC berarti evaporator terinfeksi jamur. Bau apek juga bisa ditimbulkan oleh kebocoran air yang merembes ke karpet mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bau Manis
Jangan senang dulu saat mencium bau manis di mobil seperti sirup, terutama bila Anda tidak membawa barang yang berbau manis. Antifreeze memiliki bau manis dan bau inilah yang tercium saat terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Menghirup antifreeze bisa menimbulkan iritasi pada mata dan sistem pernapasan, jadi saat bau manis seperti sirup muncul, segera cek sistem pendingin mobil Anda.
 
Bau Terbakar
Bau terbakar dapat ditimbulkan oleh beberapa hal, seperti kebocoran oli yang masuk ke sistem pembuangan, v-belt terbakar, brake pads atau rotor mengalami overheat, atau rem tangan diaktifkan saat mobil berjalan.
 
Bau Telur Busuk
Bau telur busuk atau sulfur di dalam kabin menandakan catalytic converter yang tidak menyaring hidrogen sulfida di knalpot dengan baik, sehingga konverter mengalami overheat.
 
Bau Roti Gosong
Timbulnya bau roti gosong kemungkinan besar ada korsleting di komponen listrik atau insulasi dalam mobil mengalami overheat. Bau ini harus segera ditangani karena korsleting bisa mengakibatkan kebakaran pada mobil.
 
Bau Bahan Bakar
Mencium bau bahan bakar ketika Anda baru mulai menyalakan mesin termasuk wajar. Tapi Anda harus waspada bila Anda mencium bau ini saat mesin sudah panas karena bisa saja tutup tangki kendor, sistem pengendali evaporasi emisi gas buang tersumbat atau bocor, atau juga karena kebocoran bahan bakar.
 
Bila bau yang tercium di mobil ada seperti penjelasan di atas, coba perhatikan lantai mobil dan sela-sela kursi. Karena kemungkinan bisa jadi ada makanan yang tercecer lama sehingga menimbulkan bau tak sedap. Menjaga kebersihan salah satu cara menjaga kondisi kabin tetap nyaman terbebas dari bau tidak sedap.
 
Komunitas Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) pun berbagi pengalaman dan tips cara menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil. lantaran tak sedikit member TEVCI yang menggunakan mobilnya untuk mengangkut barang belanjaan dari pasar. Efek yang ditimbulkan adalah bau tak sedap yang tertinggal di dalam kabin.
 
Untuk mengusir aroma tak sedap di dalam kabin, TEVCI menyarankan menggunakan bubuk kopi atau pandan. Caranya, bubuk kopi ditaruh dalam wadah, kemudian diletakan di dalam kabin, terutama di dekeat sumber bau tidak sedap. Menurut TEVCI, bubuk kopi diklaim sukses menghilangkan sekaligus menetralisir dan menyerap bau tidak sedap, ataupun aroma yang berasal dari pengharum kabin.
 
Berbeda cara dengan Rudi, saseorang wirausahawan, yang pinya pengalaman menghilangkan bau tidak sedap pada kabin mobilnya. Dia membeberkan bahwa kondisi itu bisa diatasi dengan bedak badan. "Sehabis mudik kemarin, kabin mobil saya baunya agak pengap dan tidak enak. Akhirnya saya dikasih tahu teman kalau baunya bisa dihilangkan dengan bedak. Saya coba dan lumayan berhasil," jelas Rudi saat ditemui Medcom.id, di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Pertama-tama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan semua kotoran yang ada di dalam mobil. Kotoran yang ada di dalam mobil, khususnya karpet dan jok, bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner. Setelah kelar dibersihkan, usapkan bedak badan di panel mobil, taburkan di jok dan karpet mobil. Setelah ditaburkan biarkan selama beberapa jam, dan pastikan pintu mobil terbuka agar udara di mobil dapat bersirkulasi dengan baik.
 
Setelah itu, bagian panel bisa dibersihkan dengan lap basah. Sedangkan jok dan karpet mobil bisa di bersihkan dengan vacuum cleaner. Selamat mencoba.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif