perhatikan kondisi busi dan jangan segan untuk menggantinya apabila kondisi sudah tidak optimal. Medcom.id/Ahmad Garuda
perhatikan kondisi busi dan jangan segan untuk menggantinya apabila kondisi sudah tidak optimal. Medcom.id/Ahmad Garuda

Tips Otomotif

Mengenali 10 Ciri Busi Mobil Harus Diganti

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 16 November 2020 14:00
Jakarta: Busi merupakan salah satu komponen penting yang bekerja di dalam ruang pembakaran. Apabila komponen ini tidak dapat bekerja dengan maksimal, tentu saja akan berefek kepada kinerja atau membuat mobil tidak dapat dihidupkan.
 
Sebagai pemilik mobil sebaiknya mengetahui kapan waktunya busi harus diperbaiki, supaya tidak menimbulkan masalah. Suzuki melalui laman resminya membagikan 10 ciri busi mobil harus diganti;

1. Kondisi Mobil Terasa Aneh Saat Digunakan di Jalan

Salah satu ciri yang paling mudah dikenali saat busi sudah aus adalah akselerasi mobil menjadi terhambat, bahkan berjalan lebih lambat. Tidak hanya itu saja, mobil juga terkadang mengalami lonjakan bagian mesin saat sedang berjalan.
 
Bahan bakar yang biasanya irit pun berubah menjadi lebih boros, dan konsumsi bahan bakar meningkat lebih tajam dibanding biasanya. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa busi sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja. Anda perlu membersihkan bagian busi tersebut agar mobil kembali normal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, akselerasi mobil bisa terasa jauh lebih berat saat mobil membawa banyak muatan. Penyebab utamanya adalah bahan bakar yang digunakan sudah tercampur dengan oli. Tidak hanya itu saja, bahan tambahan yang digunakan terkadang juga kurang pas sehingga berimbas pada mobil.
 
Halaman Selanjutnya
  2. Saat Mobil Mati,…


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif