Perhatikan dalam memodifikasi mobil biar tetap nyaman dan aman. Cheatsheet
Perhatikan dalam memodifikasi mobil biar tetap nyaman dan aman. Cheatsheet

Tips Knowledge

Modifikasi Ceper? Siap Korbankan Kenyamanan Berkendara

Otomotif tips mobil tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 01 Juli 2020 10:20
Jakarta: Tren modifikasi mobil ceper memang gak ada matinya. Belakangan gaya ceper ini memunculkan Bippu alias VIP Style yang cirinya menggunakan mobil mewah lawas dengan roda celup nyaris rebah.
 
Namun jangan anggap enteng dalam memodifikasi mobil ceper, karena akan berhubungan dengan masalah suspensi yang memberikan kenyamanan mobil Anda.
 
Yang sedang trend saat ini adalah modifikasi chamber agar mendapatkan ceper yang ekstrim, yaitu menyetel sudut kemiringan ban mobil, baik ban depan ataupun ban belakang mobil. Biasanya dinyatakan dalam chamber negatif atau chamber positif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum melakukan modifikasi chamber, Cheatsheet mengulas tentang dampak dan pengaruhnya terhadap mobil Anda, sehingga dapat menjadi pertimbangan.
 
Dapat dipastikan yang pertama Anda akan merasakan bantingan suspensi menjadi lebih keras, dan siap-siap bodi mobil akan menderita luka ringan atau parah, akibat ground clearance yang terlalu rendah.
 
Modifikasi chamber ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan dalam sudut sangat tebal agar ban bisa masuk dalam fender mobil, akibatnya mobil dipastikan berguncang tidak wajar.
 
Umur ban juga dijamin jadi tidak awet karena menahan beban mobil hanya bagian dalamnya saja. Perlakuan chamber negatif sudut tebal juga akan menyebabkan guncangan terus menerus, serta tumpuan rotasi roda yang berat sebelah. Otomatis akan mempengaruhi umur kaki mobil Anda menjadi lebih pendek alias cepat rusak.
 
Sedangkan menurut Kepala Bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur, Mus Mulyadi, pelek besar dan tapak ban lebar juga bisa memperpendek usia Electronic Power Steering (EPS).
 
"Sebaiknya gunakan ban dengan penampang atau tapak tidak terlalu lebar. Sesuaikan dengan kemampuan EPS. Terutama jika model EPS kecil. Usahakan agar tidak kelebihan beban. Jika ingin mengganti pelek atau ban mobil dengan yang lebih besar, gunakan metode plus satu atau plus dua, yaitu meningkatkan ukuran lebih besar satu step atau dua step dari standar pabrikan," saran Mus.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif