Ilustrasi kemacetan di jalan tol. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Ilustrasi kemacetan di jalan tol. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Siap Mudik Natal & Tahun Baru? Perhatikan Puncak Arus Lalu Lintas

Otomotif lalu lintas natal tips knowledge
Ekawan Raharja • 04 Desember 2019 16:56

Jakarta: Akhir tahun banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk pergi mudik kumpul keluarga bertepatan dengan momen natal atau pergi berlibur tahun baru. Bagi yang hendak bepergian dengan menggunakan mobil pribadi tentu harus memperhatikan puncak arus lalu lintas agar perjalanan nyaman.
 
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memperkirakan puncak arus libur dimulai pada hari Jumát tanggal 20 Desember 2019 sampai dengan hari Selasa tanggal 24 Desember 2019. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan dimulai pada hari Minggu tanggal 29 Desember 2019 sampai dengan hari Selasa tanggal 31 Desember 2019.
 
Lebih lanjut, Kemenhub memprediksi terdapat sebanyak 16,4 juta penumpang yang akan melakukan perjalanan pada angkutan natal dan tahun baru, atau turun 0,18 persen dibandingkan tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Prediksi jumlah penumpang memang yang paling banyak darat karena jalan tol itu banyak bertambah. Kita prediksikan naik 4-5 persen. Yang lain itu rata. Udara mungkin turun sedikit,” tutur Menhub melalui keterangan resminya.
 
Menhub mengatakan dalam rangka pengaturan lalu lintas pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020, Kementerian Perhubungan telah menyusun rencana operasi dan penetapan sejumlah kebijakan seperti, melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada simpang yang berpotensi macet, Pembatasan angkutan barang, Melakukan pengaturan pada kawasan pasar tumpah, Menempatkan petugas pada perlintasan sebidang, Mengatur rute sepeda motor, Mengatur kantong-kantong parkir di kawasan wisata, dan lain sebagainya.
 
Untuk pengaturan di jalan tol, seiring dengan rencana pengoperasian jalan tol Jakarta–Cikampek elevated akan diterapkan kebijakan Pengaturan pada gerbang tol (toll gate), Pemasangan Variable Message Sign (VMS), serta Pengaturan SPBU dan rest area.
 
Direktur Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar, berujar berbagai persiapan perlu dilakukan agar perjalanan aman dan nyaman, termasuk manajemen perjalanan sebelum mudik. “Perjalanan yang baik selalu dilakukan dengan manajemen perjalanan yang baik. Maka dari itu, ada beberapa hal yang patut diperhatikan terkait keselamatan mengemudi jelang musim mudik Lebaran kali ini.”
 
Hal yang pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan waktu perjalanan. Diharapkan pemudik memilih waktu yang tidak terlalu ketat, khususnya terkait jadwal libur.
 
Kemudian kondisi fisik dan mental harus sehat dan prima sebelum perjalanan mudik. Rifat menyarankan untuk melakukan perjalanan di pagi atau siang hari karena fasilitas dan saranan darurat mudah diakses seperti bengkel, rumah sakit, rumah makan, dan beragam fasilitas lainnya.
 
Selanjutnya yang perlu dipersiapkan pula adalah melakukan survei dan menentukan rute yang aman selama perjalanan. Rifat merekomendasikan untuk melakukan perjalanan di pagi atau siang karena fasilitas seperti bengkel, rumah sakit, rumah makan, dan beragam fasilitas lainnya lebih mudah diakses di siang hari.
 
"Sebelum perjalanan, pemudik jangan lupa untuk berdoa sebelum memulai perjalanan agar semua rencana dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa," tutup bapak dengan dua anak tersebut.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif