Rantai sepeda motor yang terlalu kendur memang bisa menyebabkan suara berisik dan tenaga mesin menjadi terasa berkurang. Suzuki
Rantai sepeda motor yang terlalu kendur memang bisa menyebabkan suara berisik dan tenaga mesin menjadi terasa berkurang. Suzuki

Trik Aman Mengencangkan Rantai Sepeda Motor

Otomotif tips motor tips knowledge
Ekawan Raharja • 13 Juni 2019 13:12
Jakarta: Beberapa jenis sepeda motor yang ada sekarang ini masih menggunakan komponen rantai untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Kondisinya jarak renggang rantai juga harus diperhatikan dan sesuai dengan ukuran yang sudah ditetapkan oleh pabrikan.
 
Rantai sepeda motor yang terlalu kendur memang bisa menyebabkan suara berisik dan tenaga mesin menjadi terasa berkurang. Karena itulah banyak pengendara sepeda motor yang memutuskan untuk melakukan pengencangan terhadap rantai pemutar roda belakang tersebut.
 
Perlu dingat bahwa mengatur tarikan rantai tidak mudah, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki. Saat pengencangan atau pengenduran rantai ada yang harus dipertimbangan, adalah beban yang akan ditanggung oleh sepeda motor. Jika motor sering dipakai untuk berboncengan, khususnya dengan penumpang yang posturnya besar, sangat disarankan untuk tidak menarik rantai terlalu kencang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini disarankan karena komponen tersebut berisiko menegang dan akhirnya akan lebih mudah putus. Selalu ingat dalam pengaturan tarikan rantai, sebaiknya berpatokan beban yang sering ditanggung sepeda motor. Ini artinya, penting untuk menyelaraskan beban yang ditanggung sepeda motor dengan tingkat kekencangan rantai.
 
Jika proses pengencangan rantai dilakukan di bengkel, jangan ragu-ragu menyampaikan ke mekanik perihal beban tersebut. Setiap mau mengencangkan rantai, dikira-kira bebannya. Jika yang mengencangkan adalah mekanik, katakan sepeda motor lebih sering dipakai sendiri atau membonceng penumpang.
 
Jangan malu untuk memberi informasi yang jelas kepada mekanik demi kenyamanan dan keamanan selama mengendarai sepeda motor.
 
Kemudian jika sudah memiliki setelah yang tepat, tentu jangan lupa dilakukan perawatan. Kondisi rantai yang kering membuat daya tahan semakin berkurang dan rantai cepat kendur, sehingga perlu dilumasi dengan cairan khusus.
 
“Jika melumasi rantai menggunakan oli usahakan pakai oli baru. Selain itu, usahakan pakai oli encer seperti SAE 10-15 atau dengan pelumas yang telah direkomendasikan agar rantai dan gir lebih awet," ungkap Pemilik bengkel Bangbrand di Pondok Timur Indah, Yosi.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif