Tips Knowledge

Lakukan Hal Ini saat Terjadi Tabrakan dan Airbag Mengembang

M. Bagus Rachmanto 10 Agustus 2018 15:11 WIB
tips knowledge
Lakukan Hal Ini saat Terjadi Tabrakan dan <i>Airbag</i> Mengembang
Kenali cara kerja airbag sebagai fitur keselamatan di mobil. Cartoq
Jakarta: Kantong udara atau airbag adalah salah satu fitur keselamatan mobil yang dibuat untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Airbag Juga dikenal dengan istilah teknis lain seperti supplemental inflatable restraint (SIR), supplementary restraint system (SRS) dan air cushion restraint system (ACRS).   

Supaya fungsi airbag lebih optimal melindungi daerah kepala, leher, dan dada saat terjadi benturan. Pengemudi maupun penumpang juga wajib mengenakan sabuk pengaman agar tidak terlempar.
 
Menurut Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, selain harus paham fungsi airbag, pengemudi juga harus tahu jarak posisi tubuh yang aman dengan kemudi yang dilengkapi dengan teknologi safety ini. Serta mengatur posisi tubuh yang benar saat terjadi tabrakan.

"Dengan jarak yang sangat dekat, fungsi airbag menjadi bahaya akibat benturannya sangat keras. Atur jarak antara kemudi dan dada minimal 30 centimeter. Dalam 2 detik, airbag yang mengembang memiliki jangkauan sekitar 22-25 sentimeter," jelas Herry.

Saat airbag mengembang ada hal yang harus kita lakukan, yaitu kencangkan genggaman tangan pada setir, kemudian segera sandarkan kepala ke headrest. Tujuannya agar kepala bergerak seperti pinball.


"Pegangan tangan di setir dikencangkan dan posisi lengan harus membentuk sudut, fungsinya sebagai shockbreaker. Karena jika lengan diluruskan fungsi shockbreaker-nya akan hilang dan itu yang bisa menyebabkan patah. Dengan mengatur jarak antara dada dengan 30 sentimeter akan didapat sudut tangannya yang nyaman," tutupnya.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id