Contoh filter bensin Daihatsu Ayla yang dibersihkan agar kerja mesin kembali optimal. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Contoh filter bensin Daihatsu Ayla yang dibersihkan agar kerja mesin kembali optimal. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Mesin Mobil Brebet, Biasanya ini Penyebabnya

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 11 Oktober 2019 10:40
Jakarta: Jika performa mesin mobil Anda mulai terasa berat atau terasa tersendat-sendat dan seakan mau mati saat diajak berakselerasi, itu menandakan filter bahan bakar yang tersumbat oleh kotoran. Akibatnya, aliran bahan bakar yang disalurkan ke ruang bakar menjadi tidak lancar.
 
Gejala lainnya akibat filter bensin kotor adalah, saat mobil di posisi diam putaran mesin tidak normal, terlebih jika rpm dinaikan. Jika sudah begini, pemilik kendaraan disarankan segera melakukan pengecekan, karena ada sebagian mobil yang menempatkan filter bensin di dalam tangki bahan bakar.
 
Fahmi pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur membeberkan, penyebab tersumbatnya filter bensin karena kotoran yang mengendap di dalam tangki bahan bakar, terutama tangki yang sudah lama tidak dikuras.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk mengatasi filter bensin tersumbat harus dibersihkan, jika kondisnya sudah rusak sebaiknya diganti baru, agar tidak kambuh lagi," beber Fahmi kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.
 
Dia juga menjelaskan, bahwa tangki bahan bakar juga perlu dikuras meski bahan bakar tidak tersumbat, untuk mobil dari baru idealnya setiap jarak 20 km, terlebih mobil lawas yang sudah memasuki usia lima tahun.
 
Selain membersihkan kotoran yang mengendap dalam tangki, ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya senyawa baru dan mencegah korosi. Korosi biasanya terjadi karena sering membiarkan tangki dalam keadaan kosong. Udara panas di dalam tangki akan berubah menjadi embun setelah mobil tidak digunakan.
 
Ini bisa menyebabkan reaksi kimia dan membentuk senyawa baru. Disarankan selalu gunakan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan, karena akan berpengaruh terhadap usia pakai filter bensin.
 
Komponen lain yang juga bisa membuat bensin boros adalah filter/saringan udara kotor. Kotornya filter udara menyebabkan terjadinya hambatan aliran udara yang kurang baik. Hal ini dapat menurunkan performa mobil kamu terutama di bagian pacu dan menimbulkan gejala ngelitik (knocking).
 
Selain kebersihan filter udara, harus juga harus memeriksa kerak yang terjadi di ruang mesin yang sulit sekali untuk dihindari. Adanya kerak dapat membuat volume ruang bahan bakar menjadi lebih kecil sehingga tenaga mesin yang dihasilkan akan semakin berkurang.
 
Lubang nozzle injektor yang ada saat ini dibuat sangat kecil sehingga mudah tersumbat. Sehingga pembakaran dari bensin menjadi tidak sempurna dan dapat mengurangi efisiensi bensin mobil.
 
Bila piston dan ring piston terkikis maka kompresi kendaraan pasti berkurang. Sehingga berdampak langsung pada performa mesin yang akan menurun. Maka tarikan tenaga yang dihasilkan loyo dan bahan bakar menjadi cepat habis.
 
Nah sudah tahukan komponen yag harus di cek ketika bensin mobil mulai boros. Yuk diperiksa mobilnya.
 

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif