Ilustrasi. Lifepal
Ilustrasi. Lifepal

Asuransi Kendaraan

Pilah-Pilih Asuransi Kendaraan Syariah yang Aman & Efektif

Otomotif tips mobil asuransi kendaraan tips otomotif asuransi syariah Lifepal
Ekawan Raharja • 06 Desember 2021 11:00
Jakarta: Asuransi kendaraan merupakan salah satu instrumen perlindungan yang bisa menjaga mobil kesayangan dari kerusakan akibat berbagai hal. Selain memilih asuransi konvensional, pemilik kendaraan saat ini juga mendapatkan pilihan berupa asuransi syariah.
 
Prinsip yang digunakan dalam asuransi syariah termasuk di dalam asuransi mobil adalah prinsip tolong menolong, dengan menghibahkan sebagian dana kontribusi (premi) sebagai alat untuk menolong nasabah lain yang sedang tertimpa musibah. Namun ternyata dalam memilih produk asuransi syariah diperlukan juga kejelian agar asuransi syariah tetap sejalan dengan syariat dan tetap efektif untuk memenuhi kebutuhan kendaraan. 
 
Perencana keuangan sekaligus Financial Educator Lifepal, Aulia Akbar, membagikan 5 tips aman dan efektif dalam memilih asuransi kendaraan syariah.

1. Pengelolaan Dana Tabarru

Dana tabarru merupakan uang yang dikumpulkan dan akan dimanfaatkan berdasarkan prinsip sharing risk atau prinsip tolong-menolong, yang dalam asuransi kendaraan syariah ini dikelola oleh pihak asuransi sebagai dana ganti rugi bagi nasabah yang mengalami insiden yang merugikan kendaraannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perlu dipastikan sebelum menjadi nasabah resmi, Anda sudah mengetahui untuk apa dana tabarru tersebut digunakan. Apakah dana tersebut investasi, pastikan hanya diinvestasikan untuk perusahaan-perusahaan yang tidak bertentangan dengan syariat.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif