Pemasangan roof box jelang mudik banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja
Pemasangan roof box jelang mudik banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Knowledge

Waspada Pasang Roof Box, Air Bisa Rembes ke Kabin

Otomotif tips knowledge
Ekawan Raharja • 22 Mei 2018 12:41
Bekasi: Jelang mudik lebaran, banyak calon pemudik yang mempersiapkan mobilnya dengan roof box. Namun Anda patut waspada akibat pemasangan komponen aksesoris tambahan ini dapat membuat air hujan merembes ke dalam kabin.
 
Salah satu pemilik mobil Honda Jazz, Budi, bercerita kepada tim Medcom.id kalau air rembes masuk ke dalam kabin mobilnya. Hal ini dialaminya ketika memasang roof box dan melakukan perjalanan mudik ke Jawa Tengah.
 
"Sebelum mudik saya pasang roof box di mobil. Kemudian pas di perjalanan hujan, dan air netes masuk ke dalam kabin lewat sela-sela pintu," ujar Budi.
Waspada Pasang <i>Roof Box</i>, Air Bisa Rembes ke Kabin
Operational Manager PT Sole Indotrade (Distributor Whale Carrier), Ronny Alexander, menjelaskan hal itu memang bisa saja terjadi. Karena biasanya pemasangannya tidak benar, sehingga air masuk ke dalam dan karet-karet di pintu tidak bisa menahan air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Efek mobil tidak ada roof rail, jika jepitnya di pintu ada resiko masuk air jika pemasangannya tidak baik atau tidak pas," ujar Ronny.
 
Hal ini bisa dikarenakan saat penjepitan hook untuk roof bar terlalu kencang. Sehingga karet-karet tertekan dan air masuk dari celah tersebut.
 
Budi juga memberikan saran usai pemasangan roof box, sebaiknya mobil dicoba dulu. Cara dengan membawa mobil di kondisi hujan, atau mengguyur mobil dengan air dan melihat apakah air masuk ke dalam kabin atau tidak.
 
(UDA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif