Menangani motor yang kebanjiran, langkah pertama adalah pelumas wajib diganti. FO
Menangani motor yang kebanjiran, langkah pertama adalah pelumas wajib diganti. FO

Tips Perawatan Kendaraan

Motor Anda Terendam Banjir? Wajib Ganti Pelumas

Otomotif oli motor tips knowledge
Ahmad Garuda • 10 Januari 2020 10:58
Tangerang: Motor yang terendam banjir hingga masuk kedalam ruang mesin, berpotensi membuat mesin karena oli tercampur dengan air. Untuk mengetahui oli tercampur dengan air atau tidak sangat mudah. Caranya dengan melihat warna oli. Jika oli berwarna putih, dipastikan oli sudah tercampur air.
 
Lalu apa tindakan selanjutnya jika oli sudah bercampur dengan air, jalan satu-satunya menurut Federal Oil adalah harus mengganti oli mesin. Bila hal ini terus dipaksakan untuk tetap digunakan, akan mengakibatkan kerusakan mesin motor, kandungan air yang tercampur dengan oli bisa membuat korosi terhadap komponen yang ada di dalam mesin.
 
Federal Oil General Manager, Sri Adinegara mengatakan, penanganan motor yang terkena banjir harus dilakukan dengan cara yang tepat. Lantaran jika asal, mesin bisa rusak dan tak bisa digunakan lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sangat prihatin dengan bencana banjir yang terjadi di awal tahun 2020 ini. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar mempermudah para pemotor agar motornya bisa digunakan lagi yaitu salah satunya segera mengganti oli motornya. Mayoritas pengguna motor di Jakarta merupakan kalangan pekerja untuk beraktivitas setiap hari. Semoga membantu pemilik motor yang terkena dampak dari musibah banjir untuk segera kembali beraktivitas," ungkap Adinegara
 
Selain menegaskan penggantian pelumas secara menyeluruh, perusahaan pelumas yang sepenuhnya dimiliki oleh Mobil ini juga meluncurkan program khusus #SolusiMotorSetelahBanjir. Program ini dimulai sejak 8 sampai dengan 12 Januari 2020, konsumen cukup membayar paket ganti oli hanya sebesar 10 ribu di 7 Super Federal Oil Center (SFOC) di area yang terdampak banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.
 
Selain untuk membantu meringankan beban korban banjir, program ini sekaligus sebagai langkah nyata mereka mendekatkan diri kepada konsumennya.
 
Tidak semua perusahaan pelumas melakukan aktifitas seperti ini, namun beberapa produsen komponen otomotif hingga main dealer dan bengkel tertentu malah lebih responsif mengeluarkan program tanggap bencana seperti ini.
 
Berikut ini adalah daftar alamat SFOC yang melayani program #SolusiMotorSetelahBanjir di wilayah yang terdampak banjir yaitu :
Jakarta
* Adi Motor
Jln. Palmerah Barat No. 50, Jakarta Barat
* Angkasa Motor
Jln. Indraloka 2 No. 46 Jelambar, Grogol Petamburan
Tangerang
* New Rejeki Motor
Jln. Raden Saleh No. 15, Karang Tengah
* Harapan Jaya Motor
Jln. Haji Mencong 8 No. 110
* Cendana Motor
Jln. Graha Raya Bintaro Raya, Ruko G1/3A
Bekasi
* Donna Motor
Jln. Kalibaru Timur No. 20
* Serba Motor
Jln. Raya Hankam, Pondok Melati
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif