Tips Knowledge

Pengendara Sepeda Motor Jangan Nekat Melintasi Banjir

Ekawan Raharja 09 November 2018 11:33 WIB
safety ridingtips knowledge
Pengendara Sepeda Motor Jangan Nekat Melintasi Banjir
Sepeda motor akan rusak jika melewati banjir sembarangan. MI/Sumaryanto
Bogor: Usai hujan di beberapa daerah meninggalkan banjir atau juga genangan air. Buat pengendara sepeda motor baiknya jangan memaksakan untuk melewati genangan air atau juga banjir dengan sepeda motor.

Trainer Khusus Roda Dua Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Doddy Setiadi, menjelaskan sepeda motor bukanlah kendaraan yang diciptakan untuk melewati air. Kemudian resiko kecelakaan pun juga semakin besar karena jalanan tertutup oleh air.

"Kita tidak tahu bagaimana dengan kondisi jalan. Bisa saja ada lubang dalam dan kita tidak tahu, ketika masuk dan bisa menyebabkan terjatuh," ujarnya beberapa waktu lalu saat mengisi MPM Road Safety Campaign 2018.

Jikalau terpaksa untuk melewati genangan air, ada baiknya memperhatikan beberapa hal. Terutama memperkirakan ketinggian air.


"Perhatian tinggi air, jika tinggi air tidak melebihi as roda berarti masih aman," sambungnya.

Selain itu pengendara juga harus menjaga kecepatan secara konstan dan perjalan ketika menerjang banjir. Teknik ini dilakukan supaya cipratan air tidak masuk ke dalam mesin.

"Diperhatikan dimana katup hisap udara. Kalau air sampai masuk ke dalam, bisa terjadi water hammer dan mesin bisa pecah."



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id