Peredam Audio Mobil

Pasang Peredam Sebelum Instal Audio, Wajib Hukumnya!

Ahmad Garuda 29 Oktober 2018 13:25 WIB
komponen otomotif
Pasang Peredam Sebelum Instal Audio, Wajib Hukumnya!
Ragam macam peredam kabin yang disarankan untuk ditambahkan khusus untuk mereka yang menginginkan kesenyapan kabin. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Banyak orang yang membeli mobil baru yang merasa audio sistemnya kurang bagus dan langsung melakukan penggantian audio. Namun ternyata ini adalah tahapan yang kurang tepat. Lantaran ada hal dasar yang seharusnya wajib terpasang sebelum mengganti sistem audio terbaru di mobil.

Menurut CEO PT Audioworkshop, Wahyu Tanuwidjaja, bahwa memperbaiki sistem peredaman di mobil, itu lebih fundamental sebelum melakukan pemasangan sistem audio terbaru. Mengingat, tanpa sistem peredaman yang bagus, maka sistem audio terbaru takkan terdengar bagus atau istilahnya takkan maksimal.

"Seringkali sebuah mobil terutama untuk mobil-mobil di bawah Rp200 juta, itu diklaim tak memiliki sistem yang kurang bagus. Sehingga banyak yang melakukan penggantian audio begitu saja tanpa memperhatikan hal-hal detail lain seperti sistem peredaman. Padahal ini adalah hal paling prinsip ketika memasang sistem audio di mobil," ujar Wahyu saat ditemui medcom.id di kompetisi audio yang digelar Car Audio Network (CAN) pada Minggu (28/10/2018).

Ia pun memberikan contoh simulasi nyata ketika sistem audio di kabin yang terpasang sistem peredaman dengan baik dan kabin yang dibiarkan tanpa peredam. Sistem yang dipasangi peredam mampu mereduksi suara dari luar kabin dengan baik sehingga kualitas suara audio di kabin lebih maksimal.


Untuk pemasangan sistem peredam pun ada beberapa macam, Wahyu melanjutkan. Peredaman khusus untuk kabin minimal pake yang peredam dasar lebih dulu. Kemudian kalau dirasakan masih kurang, baru tambah paket yang lain.

"Biasanya mobil-mobil yang butuh peredam tambahan adalah yang masuk di kategori LCGC. Karena mobil-mobil ini sistem peredamannya dirasakan kurang bagus. Kalau dirasakan masih kurang, baru menambahkan peredam lain seperti di plafon, lalu pilar-pilar dan beberapa lagi lainnya."

Ia menambahkan, bahwa saat ini belum begitu banyak yang peduli soal penambahan sistem peredaman dalam kabin mobil. Mengingat mereka memaklumi soal itu untuk mobil-mobil rentang harga yang disebutkannya di atas. Tapi dengan tambahan komponen peredam, rasanya akan lebih hemat ketika harus membeli mobil yang sistem peredam bawaannya memang sudah bagus.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id