Mobil Matik Mogok? Jangan Asal Derek
Jangan sembarangan menderek mobil matik yang mati. Garda Oto
Karawaci: Ada mitos di kalangan masyarakat yang menyebutkan jika mobil bertransmisi matik mogok, maka tidak bisa didorong. Sehingga banyak yang berpikir bahwa jika mobil matik mogok, maka tidak bisa dipindahkan dan akan sangat menyusahkan ketika hal itu benar-benar terjadi saat dalam perjalanan ke suatu tempat.

Director PT Surganya Mobil Indonesia, Wing Wiryadi Joe, menjelaskan mitos itu berkembang karena ada informasi yang tidak sempurna diterima oleh masyarakat. Bos bengkel mobil Mobeng lebih tepatnya membeberkan mobil matik yang mogok tidak bisa dihidupkan dengan cara starter dorong.

"Kalau mobil manual, aki-nya lemah bisa dipancing dengan cara didorong. Kalau mobil matik tidak bisa dilakukan cara tersebut," ucap Wing beberapa waktu lalu.


Pria ramah itu menyarankan jika mobil matik mogok, maka segera panggil teknisi bengkel resmi atau bengkel terpercaya. Jikapun harus diderek, pastikan bagian yang diangkat adalah roda penggeraknya.

"Dilihat dulu roda penggeraknya dimana. Kalau penggerak roda depan maka depan yang diangkat, kalau di belakang seperti Avanza maka dibelakang yang diangkat," lanjutnya.

Secara teknis, transmisi ini menyambung roda penggerak. Bila mobil kondisi mati, maka pompa oli transmisi pun tidak bekerja. Ketika roda penggerak bekerja, maka transmisi pun akan bergerak namun tidak terlumasi, sehingga efeknya akan jebol.

Nah jadi jangan takut kalau mobil matik mogok. Sudah tahukan cara penangannya?



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id