Trik Antre di Tanjakan saat Macet
Seorang polisi bersiaga di jalur menanjak dan curam.
Jakarta: Dibukanya sejumlah ruas jalan tol dan jalur fungsional di wilayah Jawa agar akses mobilitas pemudik semakin lancar, ternyata tak luput dari masalah-masalah teknis. Di antaranya adalah kemacetan parah di ruas jalan tol fungsional dari Salatiga ke arah Solo.

Di ruas jalan dengan kontur menanjak 50 derajat itu, jadi biang penyebab macet lantaran banyak kendaraan yang tidak kuat menanjak, sehingga antrean kendaraan semakin mengular dan panjang. Jika Anda berada dalam posisi seperti ini, sebisa mungkin untuk tidak

Dari video yang sedang viral di jejaring sosial media, beberapa mobil di ruas jalan tersebut tak kuat menanjak. Akibatnya mobil lain yang sudah mengantre semakin lama mendapatkan giliran untuk menanjak. Terlebih ada sebuah LCGC yang sepertinya dikendarai oleh orang yang memang kurang lihai menggunakan feeling berkendara di jalan menanjak.


"Feeling berkendara di jalan menanjak yang cukup curam, memang dibutuhkan skill mumpuni. Apalagi mobil manual yang butuh mengoperasikan tiga tuas sekaligus dalam waktu bersamaan, yaitu pedal gas, pedal kopling dan tuas parking brake. Belum lagi pandangan harus ke jalan dan feeling merasakan putaran mesin yang mulai mendapatkan power untuk menanjak. Itu butuh keahlian tersendiri," ujar Direktur Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar di waktu yang berbeda.

Skill akan sangat berguna ketika mobil penuh dengan penumpang dan barang muatan seperti di momentum mudik ini. Cara paling gampang adalah menurunkan penumpang agar beban mobil lebih ringan dan tidak ragu-ragu menekan pedal gas.

"Tapi dalam kondisi seperti ini, feeling harus tetap bermain, terutama untuk mobil berpenggerak roda depan. Karena jika kopling dilepas secara mendadak, maka ban depan bisa spin sehingga mobil kehilangan traksi dan ini bahkan lebih berbahaya bagi penumpang di dalamnya."

Terakhir, Rifat menyarankan agar sebisa mungkin menghindari jalan yang terdapat kontur seperti itu. Agar lebih mudah bagi pengemudinya.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360