Trik Melibas Tanjakan dengan LCGC
Datsun Go merupakan salah satu LCGC di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Banyak pemudik yang melakukan perjalanan dengan mobil low cost green car (LCGC). Tentu dengan bentuknya yang compact dan mesin berkubikasi kecil, pengemudi harus lihat mengemudikan mobil ini di berbagai kondisi jalanan.

Direktur Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar, menjelaskan pengemudi perlu memperhatikan jalan-jalan yang menanjak. Tantangannya semakin berat karena mobil juga membawa muatan penuh, baik penumpang dan juga barang bawaan.

“Untuk mobil LCGC yang memiliki mesin berkubikasi cenderung kecil, permasalahannya ada di tenaga yang tergolong cukup minim. Apalagi Anda membawa barang bawaan yang cukup banyak atau bahkan melebihi kapasitas kendaraan,” ungkap Rifat melalui keterangan resminya.


Di sini hal yang harus diperhatikan bagi pengemudi saat melewati jalan tanjakan adalah mempertahankan putaran mesin (RPM). Pengemudi mobil harus paham mengenai puncak putaran mesin untuk mendapatkan tenaga yang maksimal.

“Cara mengeceknya cukup mudah, saat mobil kondisi diam, injak pedal gas secara perlahan. Semakin lama, RPM akan semakin naik. Ada satu titik suara mesin mobil akan berubah menjadi lebih berat. Perhatikan titik RPM saat suara mesinnya berubah. Di titik itulah, mobil mengeluarkan torsi paling tinggi."

"Torsi paling tinggi adalah RPM terbaik untuk memulai kerja berat mobil, dalam hal ini yang sedang kita bicarakan adalah saat akan melaju di tanjakan yang cukup curam,” jelasnya.

Mobil LCGC, menurut Rifat, pemanfaatan torsi di RPM yang agak tinggi ketika mobil akan memulai tanjakan, sangat perlu diperhatikan ketimbang mobil-mobil dengan mesin berkubikas besar yang sudah bisa memanfaatkan torsi di RPM rendah.

“Terakhir cobalah tanamkan dipikiran untuk tidak panik saat melewati tanjakan. Yakinlah bahwa bisa melaluinya. Di samping itu harus tetap meluangkan waktu untuk mempelajari bagaimana teknik-teknik mengemudi yang penting selama perjalan,” pungkas Rifat.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id