Defogger terletak di kaca belakang untuk menghilangkan kabut. Toyota makassar
Defogger terletak di kaca belakang untuk menghilangkan kabut. Toyota makassar

Waspada Pakai Defogger, Kaca Bisa Pecah

Otomotif tips knowledge
Ekawan Raharja • 19 Maret 2018 15:26
Jakarta: Beberapa mobil yang ada di Indonesia sudah dilengkapi dengan fitur defogger di kaca belakang. Hanya saja pemilik mobil harus paham bahaya menggunakan defogger jika digunakan secara terus-menerus.

Menurut situs resmi Daihatsu, penggunaan defogger secara terus menerus bisa membuat kaca mobil retak. Hal itu dapat dipicu karena kaca memuai akibat perubahan suhu yang ditimbulkan oleh defogger.

Selain itu, defogger masuk dalam daftar komponen pengguna arus listrik yang cukup besar di mobil. Penggunaannya akan membuat aki harus menyuplai tenaga ekstra. Pemakaian yang tidak terkontrol bisa menyebabkan aki mobil cepat lemah.

Beberapa mobil memang sudah memasang saklar pemutus otomatis jika defogger sudah tidak diperlukan. Tetapi bagi yang belum dilengkapi dengan fitur otomatis, maka pengemudi harus mematikan secara manual jika defogger sudah tidak diperlukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sekilas info umum tentang defogger, pemanas kaca ini melekat di kaca belakang. Bentuknya berupa garis kawat tipis yang melintang di kaca belakang. Kawat tipis ini berfungsi sebagai kondensator atau penghantar panas. Sehingga suhu kaca tetap terjaga dan tidak membuat kaca belakang berembun.

Nah sudah tahukan bahaya defogger jika digunakan sembarangan. Jadi perhatikan penggunaanya, dan matikan jika tidak diperlukan.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi