CVT di Vespa LXV 150. Medcom.id/Ekawan Raharja
CVT di Vespa LXV 150. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Knowledge

Kebiasaan Buruk yang Membuat CVT Motor Cepat Rusak

Otomotif tips motor tips knowledge
Ekawan Raharja • 20 Januari 2020 09:28
Depok: Sejumlah sepeda motor, khususnya skuter matik (skutik), sudah menggunakan teknologi Continuously Variable Transmission (CVT). Meskipun fungsinya sama dengan transmisi manual, namun perlakukan komponen ini harus diperhatikan.
 
Selain perawatan, cara mengemudi juga berpengaruh terhadap umur pakai CVT. Padahal kebiasaan berkendara juga berpengaruh terhadap umur CVT meski sejumlah komponen memang memiliki umur pakai.
 
"Motor matik zaman sekarang sudah disematkan rem hidrolik di kedua rem. Terkadang pengendara motor tidak sadar kalau mereka menekan tuas rem dengan meletakkan jari saat berkendara," ujar Pemilik bengkel motor Beji's Motor, Anjas Marbun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan cara berkendara ini sering ditemui di para pengendara ojek online, orang-orang kantoran, dan bikers yang sedang touring. Mereka biasanya secara tidak tersadar memencet rem ketika sepeda motor melaku dan membuat kecepatan sepeda motor terhambat.
 
Efeknya tentu saja akan berpengaruh teradap kamps rem dan piringan (bila menggunakan model cakram). Selain itu CVT juga akan kena imbas karena kampas ganda akan cepat habis, mangkok kopling cepat gosong, dan belt cepat putus.
 
"Kita enggak sadar kalau sedang menekan tuas rem ketika motor berjalan normal. Ini membuat laju motor tertahan," kata Anjas.
 
Nah mulai sekarang, mulai diperhatikan kembali teknik berkendara kita sehari-hari. Apakah sudah sesuai dengan teknik-teknik yang baik dan benar dalam berkendara?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif