Evaporator rusak bikin kerja AC mobil tidak optimal. Wikihow
Evaporator rusak bikin kerja AC mobil tidak optimal. Wikihow

Tips Knowledge

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Hanya Dingin saat Malam

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 02 Juli 2020 15:41
Jakarta: AC mobil yang berfungsi dengan baik mampu mendinginkan bagian kabin di segala kondisi cuaca, baik siang dan malam hari. Tapi bagi sebagian mobil yang AC-nya terasa dingin pada saat malam hari saja patut dicurigai bermasalah.
 
Menurut Alimin yang buka praktek bengkel spesialis AC di bilangan Bekasi Barat, jika AC mobil Anda mengalami masalah tersebut, langkah yang pertama dilakukan adalah mengecek freon, masih ada atau tidak. Dan bisa dicek secara manual dengan melihat kondisi freon melalui kaca pada filter AC saat mesin menyala.
 
Freon yang terlihat berbusa menjadi penanda bahwa freon AC habis, namun jika terlihat bening freon AC mobil Anda masih ada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika pengecekan awal tidak ada kebocoran dan dalam kondisi baik, maka AC mobil yang dingin saat malam hari bisa disebabkan dari evaporator yang sudah rusak.
 
"Evaporator adalah komponen ac yang berfungsi menyerap udara dari luar dan mengubah menjadi udara dingin melalui sirip-sirip pendingin. Yang merubah cairan freon menjadi gas dingin", beber Alimin.
 
Akibat Evaporator yang sudah tidak bekerja maksimal membuat pendinginan AC jadi berkurang, sehingga udara panas di siang hari tidak bisa diubah menjadi lebih dingin.
 
Sebaliknya, jika malam hari udaranya tidak begitu panas, jadi AC mobil masih bisa terasa dingin dibandingkan siang hari.
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif