Jangan melintas genangan air dengan kecepatan tinggi. ANTARA FOTO
Jangan melintas genangan air dengan kecepatan tinggi. ANTARA FOTO

Cegah Korslet, Waspada Melibas Genangan Air

Otomotif tips mobil safety driving tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 10 Januari 2019 10:56
Jakarta: Hujan yang menghinggapi beberapa daerah di Indonesia membuat beberapa ruas jalanan tergenang air. Bahkan tak jarang terjadi di sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kalau sudah begitu, para pemilik mobil harus waspada melewati jalanan yang tergenang.

Seperti yang diceritakan oleh pemilik bengkel Berlian Motor, Akhiong, Ia menjelaskan dampak bahaya ngebut di genangan air yang cukup dalam. Menurutnya hal ini bisa menyebabkan kerusakan sistem kelistrikan di mobil.

"Paling sering terjadi saat pengemudi melalui genangan air, malah memacu mobilnya. Padahal itu bisa menyebabkan kerusakan kelistrikan," ujar Akhiong di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dia menjelaskan kalau air yang terciprat bisa saja masuk ke sela-sela mesin atau juga mengenai komponen kelistrikan. Sehingga membuat arus pendek karena ada koneksi atau korsleting.

"Ada beberapa konsumen bengkel kita mengalami hal tersebut karena memacu mobil mereka di genangan dan membuat kendaraan menjadi mogok. Setelah diperiksa ada bagian kelistrikannya kena dan harus diganti,” beber Akhiong.

Sebaiknya pengemudi mobil tidak melintas di jalanan yang tergenang dengan kecepatan tinggi . Lebih baik pengemudi mempertahankan kecepatan konstan konstan dan aman untuk menghindari mobil mogok dan kelistrikan aman.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi