Jangan panik apabila mengalami rem blong. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jangan panik apabila mengalami rem blong. Medcom.id/Ekawan Raharja

Safety Driving

Jangan Panik, 8 Cara Mengatasi Rem Mobil Blong

Otomotif tips mobil safety driving tips otomotif
Ekawan Raharja • 26 Oktober 2020 10:00
Jakarta: Kasus rem tidak berfungsi, atau lebih familiar disebut rem blong, bisa saja terjadi kepada siapa saja. Disfungsinya rem membuat pengemudi tidak bisa mengendalikan laju kendaraanya sehingga sangat beresiko mobil kecelakaan.
 
Rem yang mendadak blong tentu saja bisa membuat panik pengguna karena ini membahayakan. Untuk itu, hal ini perlu diantisipasi dengan benar agar pengendara bisa mengendalikan mobil meski rem blong.
 
Laman resmi Suzuki bahkan membagikan 8 cara untuk mengatasi rem blong;

Terus Memompa Rem

Jika saat hendak mengendarai mobil dan tahu bahwa remnya mendadak blong, langkah yang bisa diambil adalah terus memompanya. Anda harus terus memompa rem agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala. Jika mobil mendadak beralih ke anti locking braking atau ABS, terus pompa saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lama kelamaan, tekanan rem akan kembali seperti semula. Namun, jika saat dipompa rem terasa kasar ataupun berat, mungkin di bagian pedalnya ada sesuatu. Anda bisa memeriksa bagian rem untuk mengetahui benda apa yang mengganjal di bagian pedalnya.
 
Jika sedang menyetir mobil, mintalah pengendara lain untuk memeriksa bagian pedal tersebut. Anda bisa sedikit mengurangi laju mobil agar bisa memeriksa bagian pedalnya supaya rem dapat berfungsi dengan baik.
 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif