Perlakukan ban cadangan seperti ban utama biar gak repot di jalan. Automotive
Perlakukan ban cadangan seperti ban utama biar gak repot di jalan. Automotive

Antisipasi Kondisi Darurat, Ban Cadangan Wajib Dirawat

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 14 Juni 2019 10:28
Jakarta: Lantaran jarang digunakan banyak yang melupakan dan tidak menganggap penting ban serep atau ban cadangan, padahal komponen ini merupakan kelengkapan mobil yang wajib ada, dan disediakan oleh pabrikan. Sebaiknya perlakukan dengan baik komponen yang satu ini, jika Anda tidak ingin dibikin repot atau susah dalam perjalanan ketika mengalami kempes/bocor ban.
 
Meskipun memiliki julukan ban serep/cadangan bukan berarti Anda harus memperlakukannya berbeda. Mus M Kepala bengkel Autopit di Kalimalang, Jakarta Timur membeberkan, cara memperlakukan ban serep yang benar. Agar siap dan selalu dalam kondisi baik saat diperlukan di perjalanan.
 
"Selalu bersihkan ban serep, terutama ban serep yang letaknya di kolong/bawah mobil. Jika Anda membutuhkannya sewaktu-waktu sudah siap pakai dan dalam kondisi bersih," ujar Mus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Antisipasi Kondisi Darurat, Ban Cadangan Wajib Dirawat
 
Lebih lanjut Mus menjelaskan, periksa tekanan angin ban serep minimal sebulan sekali agar selalu siap digunakan dan dapat memperpanjang usia ban. Gunakan ukuran tekanan angin yang dianjurkan pabrikan terdapat di bagian dalam pintu depan sebelah kanan.
 
"Karena ukuran angin yang dianjurkan pabrikan telah melalui riset dan pengujian. Ban serep yang kurang angin biasanya sering mengalami melekuk pada bagian dinding ban."
 
Dia juga menjelaskan, ban serep yang memiliki ukuran sama harus ikut dirotasi seperti ke empat ban lainnya, dengan catatan ban serep yang baru dipakai harus di posisi bagian depan sebelah kanan. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga tingkat keausan ban secara merata.
 
Selamat mencoba…
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif