Tidak perlu ribet-ribet pemilik kendaraan untuk memindahkan tuas perseneling ketika memanaskan. Medcom.id/Ekawan Raharja
Tidak perlu ribet-ribet pemilik kendaraan untuk memindahkan tuas perseneling ketika memanaskan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Memanaskan Mobil Matik Tak Perlu Geser Tuas Transmisi?

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 06 Juli 2019 08:54
Jakarta: Banyak mitos salah di dunia otomotif yang terus turun-menurun. Salah satunya adalah memanaskan mobil bertansmisi matik harus memindahkan tuas perseneling ke posisi drive.
 
Teknisi Ahli Worner Matic, Hermas Prabowo, melalui akun facebooknya menjelaskan mitos tersebut tidak benar. Pengemudi mobil tidak perlu memindahkan tuas transmisi untuk ketika memanaskan mobil agar oli transmisi berfungsi.
 
"Tekanan oli matik tercipta bersamaan dengan berputarnya mesin mobil. Oli matik dari bak penampungan matik dihisap oleh pompa yang diujungnya terdapat filter untuk nyaring kotoran. Supaya oli matik yang bekerja dalam sistem selalu bersih," tulisanya melalui akun Facebooknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dijelaskan lagi oli matik yang dihisap pompa memiliki tekanan, disalurkan langsung ke pengatur tekanan oli/pressure regulator (agar tekanan lebih stabil), lalu diteruskan ke jalur manual valve, torque converter, lubrikasi (pelumasan), dan sistem pendingin.
 
Sehingga meski digeser ke posisi manapun tuasnya, tidak berpengaruh kepada sistem pelumasan. Suplai oli bertekanan dari pressure regulator ke sistem pelumasan tidak dipengaruhi oleh pergeseran tuas matik yang menggerakkan manual valve.
 
"Sampai di sini jelas tentunya, bahwa tidak ada hubungan antara pemindahan tuas matik dengan pelumasan," tegasnya.
 
Nah jadi tidak perlu bingung lagi bagaimana untuk memanaskan mobil bertransmisi matik. Tidak perlu ribet-ribet pemilik kendaraan untuk memindahkan tuas perseneling ketika memanaskan. Selain tidak ada faedahnya, memindahkan tuas perseneling juga beresiko mobil bergerak dan menabrak benda di depannya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif