Mengemudi di tikungan, harap jaga kecepatan agar tidak terjadi gejala understeer. Medcom.id/Ekawan Raharja
Mengemudi di tikungan, harap jaga kecepatan agar tidak terjadi gejala understeer. Medcom.id/Ekawan Raharja

Ciri Understeer dan Solusi Mengatasinya

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 27 Desember 2018 12:07
Jakarta: Berkendara dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan mobil mengalami slip roda depan, terutama saat berbelok tanpa mengurangi gas. Lalu apa sih yang dimaksud dengan istilah understeer ini?
 
Menurut Boy Falatehansyah, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), understeer adalah selip yang terjadi pada bagian roda depan, bagian muka kendaraan melebar di tikungan, akibat sudut lintasan terlalu tajam dan akselerasi yang tiba-tiba, terutama di tikungan.
 
Untuk kasus understeer mobil akan cenderung lurus walaupun setir sudah dibelokkan. Biasa disebut selip lantaran daya cengkeram roda depan hilang. Jika mengalami kondisi seperti ini bisa berpotensi celaka karena mobil yang Anda kendarai akan mobil nyelonong ke luar jalur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tidak perlu panik. Jangan injak pedal rem dan pedal gas, jika kendaraan transmisi manual injak pedal kopling (free wheel) tahan hingga kendaraan terkendali. Jika transmisi otomatis dan belum menggunakan sistem traction control arahkan tuas transmisi ke posisi netral," paparnya.
 
Ciri Understeer dan Solusi Mengatasinya
 
"Lalu counter steer/membalas setir (untuk pertama kali) ke arah ban selip kemudikan ke arah tujuan, lakukan hingga kendaraan terkendali,” sambung Boy.
 
Untuk mengantisipasi agar kendaraan tidak understeer, yang harus dilakukan adalah perhatikan kecepatan terutama saat berbelok. Perhatikan jarak aman untuk memberikan waktu reaksi bagi kendaraan. Perhatikan pula kondisi cuaca, jarak pandang dan situasi sekitar sebelum berbelok.
 
“Jangan menginjak pedal gas atau rem secara mendadak, zig-zag antar jalur dan jangan berasumsi bahwa pengemudi lain akan berhenti untuk kendaraan Anda, serta yang terpenting jangan kehilangan kesabaran,” tutupnya.
 
Ketika berkendara sebaiknya selalu memperhatikan kondisi kecepatan dan jalan yang akan Anda lalui, sehingga dapat mengatisipasi kejadian diluar dugaan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif