Ilustrasi truk yang menggunakan ban ganda. Medcom.id/Ahmad Garuda
Ilustrasi truk yang menggunakan ban ganda. Medcom.id/Ahmad Garuda

Tips Otomotif

Penggunaan Ban Ganda untuk Truk dan Bus, Ini Harus Diperhatikan

Otomotif bus ban tips otomotif Kendaraan Komersial Hankook Ban truk ban bus ban ganda Perawatan Ban
Ekawan Raharja • 14 Oktober 2021 16:00
Jakarta: Sejumlah kendaraan komersial (truk dan bus) menggunakan ban ganda atau dual tire pada roda bagian belakang kendaraan. Penggunaan ban ganda bertujuan untuk menyesuaikan kapasitas ban dengan beban kendaraan dan muatan.
 
National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Ahmad Juweni, menjelaskan adabeberapa hal penting yang perlu diperhatikan pada ban ganda untuk memaksimalkan pemakaian ban. Penggunaan  ban ganda yang perlu diperhatikan adalah keduanya harus memiliki ukuran, konstruksi, pola tapak, tekanan angin ban dan tinggi kembang ban atau overall diameter yang sama.
 
“Perbedaan tekanan angin pada ban ganda saja dapat menyebabkan pemakaian ban yang tidak maksimal, hingga kerusakan ban,” jelas Ahmad melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perbedaan tekanan angin pada ban ganda dapat menyebabkan tinggi ban satu ban dengan ban lain berbeda. Perbedaan tekanan angin selanjutnya akan menyebabkan pemakaian ban yang tidak optimal, hingga menimbulkan kerusakan ban.
 
Ban dengan tekanan angin lebih rendah seperti terseret sehingga menyebabkan aus lebih cepat. Sedangkan ban dengan tekanan angin lebih tinggi menopang beban lebih berat, sehingga dapat menyebabkan ban rusak atau pecah.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif