Jangan lupa isi penuh tangki BBM saat mobil parkir lama PSBB Jilid II Jakarta. Dok MI
Jangan lupa isi penuh tangki BBM saat mobil parkir lama PSBB Jilid II Jakarta. Dok MI

Tips Otomotif

Mobil Kembali Parkir Lama PSBB, Bensin Isi Full

Otomotif tips mobil tips motor tips otomotif
Ekawan Raharja • 19 September 2020 15:00
Jakarta: Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jilid II di Jakarta memaksa banyak orang untuk kembali kerja dari rumah (work from home/WFH). Hal ini kembali menimbulkan kondisi mobil parkir lama di garasi, minimal 2 pekan selama PSBB ini berlangsung.
 
Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Pertamina, Eko Kristiawan, memberikan saran kepada pemilik mobil agar mobilnya tidak rusak selama parkir lama di garasi. Sarannya cukup sederhana, yakni mengisi penuh tangki bensin mobil.
 
"Kalau bahan bakar full, tangkinya aman dari pengembunan. Pengembunan di area itu akan menciptakan kualitas BBM yang tidak sesuai," ujar Eko Kristiawan melalui webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal sederhana ini merupakan cara untuk mencegah terjadinya pencampuran bahan bakar dengan air. Air ini muncul akibat pengembunan dan penguapan yang terjadi di dalam tangki BBM, dan kemudian bercampur dengan bahan bakar minyak (BBM).
 
Apabila BBM tercampur air akibatnya mesin tidak mampu bekerja secara maksimal. Gejala yang bisa dikenali adalah mesin menjadi brebet dan bisa sampai mati apabila kadar air yang tersedot pompa bahan bakar cukup banyak.
 
Di sisi lain, mencegah pengembunan juga upaya menghindari permukaan bagian dalam timbul berkarat. Apabila tangki BBM belum terisi, segera diisi supaya BBM aman dan tangki tidak karatan.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif