Servis di bengkel resmi, kadang ada juga kesalahan yang tak bisa diterima, seperti salah spek pasang filter AC di Nissan March ini. Aant
Servis di bengkel resmi, kadang ada juga kesalahan yang tak bisa diterima, seperti salah spek pasang filter AC di Nissan March ini. Aant

Perawatan Kendaraan

Bengkel Resmi Salah Spek Pasang Filter AC March? Halo Nissan!

Otomotif nissan bengkel mobil
Ahmad Garuda • 01 Juni 2020 08:38
Jakarta: Melakukan perawatan rutin di bengkel resmi, tidak selamanya terbebas dari masalah atau kendaraan Anda selalu jaminan kembali dalam kondisi terbaik. Meski perawatan yang dilakukan tak melulu di sektor mesin, namun kadang ada hal yang membuat konsumen jadi keceawa.
 
Hal ini dialami oleh Antonius Yuliyanto, seorang pekerja swasta di bilangan Jakarta Barat. Saat membersihkan Nissan March milik keluarganya, Ia mendapati filter AC di mobilnya dalam posisi menekuk di satu bagian. Ia pun berasumsi bahwa filter AC yang yang diberikan di mobil tersebut tidak sesuai spesifikasi.
 
"Ini bukan spesifikasi filter kabin atau AC untuk Nissan March sepertinya. Karena dimensinya kebesaran, seakan dipaksakan masuk ke penampang hingga ada bagian yang tertekuk. Harusnya kalau sesuai dengan spesifikasi, posisi filter AC tidak akan berada dalam posisi tertekuk," klaim Aant sapaan akrabnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bengkel Resmi Salah Spek Pasang Filter AC March? Halo Nissan!
 
Dari spesifikasi part number yang terlihat di penampang tepi saringan udara untuk kabin tersebut, tercantum nomor part 27277. Setelah melakukan pengecekan di katalog komponen untuk mobil tersebut di beberapa situs jual beli komponen, termasuk di marketplace, ternyata identifikasi komponnen mengarah ke saringan udara milik Nissan X-Trail T32.
 
Sementara untuk March menggunakan kode komponen 71227. Secara dimensi, sudah pasti komponen saringan udara ini membutuhkan dimensi yang lebih besar untuk ukuran kabin yang lebih besar pula.
 
Bengkel Resmi Salah Spek Pasang Filter AC March? Halo Nissan!
 
"Ya kecewalah pastinya, apalagi ini standar bengkel resmi. Kebetulan saya melakukan servis di bengkel resmi Nissan yang ada di Jalan Panjang, Jakarta Barat beberapa waktu lalu. Ya enggak mungkin kalau mekaniknya tidak tahu spesifikasi khusus untuk mobil ini."
 
Sayangnya, saat akan dilakukan konfirmasi soal kesalahan yang dilakukan bengkel resmi NIssan di Jalan Panjang, Jakarta Barat tersebut, ternyata bengkelnya sudah berubah jadi bengkel mobil Kia. Tentu sangat disayangkan, meski bukan komponen vital untuk keselamatan berlalu lintas, namun ini berkaitan dengan standardisasi sebuah bengkel yang memberikan layanan terbaik buat konsumennya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif