Safety Riding

Gunakan Kaki Sebagai Suspensi saat Lewati Jalan Bergelombang

Ekawan Raharja 01 November 2018 14:18 WIB
safety riding
Gunakan Kaki Sebagai Suspensi saat Lewati Jalan Bergelombang
Sedikit angkat pantat dari jok ketika melewati jalan bergelombang atau polisi tidur. Forwot
Jakarta: Di Indonesia banyak ditemui jalanan yang bergelombang atau pun speed trap (polisi tidur). Ketika melewati jalanan tersebut pengendara sepeda motor harus tahu bagaimana posisi berkendara, khususnya posisi kaki.

Trainer Khusus Roda Dua Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Doddy Setiadi, membeberkan sebaiknya pengendara agar sedikit mengangkat pantat dari jok. Sehingga titik tumpu berfokus di bawah (kaki) dan membuat sepeda motor lebih seimbang.

"Angkat sedikit pantat dari jok atau kalau bisa berdiri dilakukan ketika melewati jalanan bergelombang atau polisi tidur. Selain menjaga titik tumpu ada di kaki dan tetap di bawah, kaki juga bisa dimanfaatkan sebagai suspensi. Jadi ketika mengangkat pantat atau berdiri melewati jalanan bergelombang, kaki juga jangan terlalu kaku," ujar Doddy ketika mengisi sesi teori MPM Road Safety Campaign 2018 di Bogor.


Dia juga menjelaskan kalau teknik juga digunakan oleh pembalap motor cross ketika melewati lintasan yang bergelombang atau gundukan tanah. "Kalau anda suka melihat pembalap motor cross, mereka sering berdiri. Itu ada maksudnya, bukan sekadar gaya."

Nah sudah tahukan tekniknya. Mungkin bisa dilatih dan diterapkan ketika berkendara sehingga perjalanan lebih aman dan nyaman.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id