Perhatikan cara meletakkan ongkrak mobil dengan benar agar aman. CarCareAdvice
Perhatikan cara meletakkan ongkrak mobil dengan benar agar aman. CarCareAdvice

Begini Trik Mendongkrak Mobil yang Aman

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 22 Desember 2018 09:16
Jakarta: Mendongkrak mobil tak boleh salah. Kesalahan sekecil apapun bisa merusak mobil serta membahayakan keselamatan Anda. Pekerjaan ini pun tak sebatas soal mengganti ban. Namun juga untuk melakukan perbaikan kecil dan membersihkan kolong mobil.
 
Sebelum mendongkrak, posisikan mobil di tempat yang datar agar dongkrak mendapat tumpuan yang kuat. Setelah itu siapkan peralatan yang dibutuhkan.
 
Jangan lupa untuk menarik rem tangan agar roda tidak bergerak/berputar saat mengendurkan mur/baut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, posisikan dongkrak di titik yang benar sesuai panduan buku petunjuk mobil bersangkutan. Ini merupakan hal penting agar kinerja dongkrak lebih efisien, tidak merusak komponen mobil, serta aman bagi keselamatan.
Begini Trik Mendongkrak Mobil yang Aman
“Titik aman untuk mendongkrak mobil adalah di bagian sayap roda (arm) karena terbuat dari bahan yang kuat. Baik di roda depan maupun belakang. Jika mendongkrak di bagian bawah sayap roda/arm, hanya shockbreker yang terangkat atau mendapat tekanan,” ujar Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
"Jangan masukkan badan/tubuh ke kolong mobil. Gunakan pengungkit/alat bantu yang panjang agar Anda tidak terluka," tambahnya.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif