Ganti wiper jika sudah rusak. Acecars
Ganti wiper jika sudah rusak. Acecars

Jangan Lalai Ganti Wiper Jika Tak Ingin Kaca Mobil Baret

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 22 Januari 2019 13:51
Jakarta: Jarak pandang merupakan salah satu bagian penting jika mengendarai mobil, apalagi jika musim hujan tiba. Kaca mobil yang buram atau kotor akan membuat jarak pandang Anda terganggu, dan bisa membahayakan ketika berkendara.
 
Untuk itu kita perlu memperhatikan komponen yang satu ini, wiper yang memiliki fungsi sebagai penyapu air atau pembersih kaca terutama pada saat cuaca hujan.
 
Menurut Rangga pemilik salah satu bengkel di Kota Serang, Banten, wiper punya umur pakai enam bulan, dan harus diganti secara berkala agar tidak bikin baret kaca akibat karet yang sudah mengeras.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lain halnya yang dikatakan Yudi pemilik bengkel dan aksesoris mobil di bilangan Caman, Bekasi Barat, Jawa Barat, kebanyakan konsumen yang beli wiper biasanya menggantinya setahun sekali.
 

 
Yudi membeberkan harga wiper yang dijual di tokonya, mulai dari harga Rp45 ribu-Rp95 ribu. Untuk yang merek bagus seperti Denso ukuran standar dijualnya seharga Rp75 ribu, sedangkan untuk ukuran yang agak panjang seperti Innova dan Avanza dijualnya Rp85 ribu-Rp95 ribu.
 
“Kalau wiper yang universal (bisa untuk semua mobil) itu buatan Taiwan. Saran saya untuk lebih tahan lama dan bagus pakai merek Denso sudah seperti kualitas ori,” tutup Yudi.
 
Terlepas dari itu semua, tidak ada salahnya Anda lebih sering mengecek kondisi wiper, karena penggunaan dan perawatan wiper yang benar bisa memperpanjang usia komponen tesebut. Siapa tahu Anda bisa mengganti maksimal setahun sekali, tentunya dengan didukung merek dan kualitas yang bagus, agar kaca mobil ikutan lebih awet.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi