Cara termudah menjaga performa mesin mobil agar sewaktu-waktu dibutuhkan tetap optimal adalah selalu menggunakan bahan bakar yang tepat. T-RAX
Cara termudah menjaga performa mesin mobil agar sewaktu-waktu dibutuhkan tetap optimal adalah selalu menggunakan bahan bakar yang tepat. T-RAX

Tips Otomotif

Cara Menjaga Performa Mesin Ala T-RAX

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 13 Oktober 2020 10:00
Jakarta: Selama memiliki mobil, pemilik wajib memperhatikan kondisi kendaraannya dan memenuhi kebutuhannya untuk menjaga performa kala digunakan. Memang banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan mobil, dan pemilik bisa melakukan perawatan dengan hal-hal yang sederhana.
 
Agar performa tetap terjaga apabila diperlukan, maka mesin mobil memerlukan perawatan yang tepat. Cara termudah menjaga performa mesin mobil agar sewaktu-waktu dibutuhkan tetap optimal adalah selalu menggunakan bahan bakar yang tepat.
 
Wakil Ketua Umum Trax Owner Community (T-RAX), Iwan Pasadam, menjelaskan penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui tentang cara merawat mesin kendaraan dan menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Terutama bahan bakar minyak (BBM) dengan angka oktan tinggi agar performa mesin terjaga dan emisi gas buang lebih bersih, sehingga mesin tetap sehat serta lebih ramah lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mayoritas pengguna Chevrolet Trax memakai BBM dengan kadar oktan (RON/Research Octane Number) 98, sesuai petunjuk buku manual. Efeknya tarikan gas bertenaga, relatif hemat, dan emisi gas buang lebih bersih," kata Iwan melalui keterangan resminya.
 
Hal ini kemudian diamini oleh Kepada bengkel Fontana, Muam Dwi Cahyono, yang menyarankan penggunaan BBM yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Selain itu, untuk menjaga dari kerusakan maka diperlukan juga pengecekan mobil secara rutin.
 
“Di manual book kendaraan, pabrikan telah menyesuaikan BBM yang cocok sesuai jenis kendaraan. Penting agar tidak menggunakan bahan bakar dengan angka oktan yang lebih rendah daripada yang dianjurkan sebab dapat merusak mesin dalam jangka panjang,” jelas Muam.
 
Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region (MOR) III, Eko Kristiawan, menjelaskan spesifikasi BBM dengan RON 98 (Pertamax Turbo) ini cocok untuk mesin dengan kompresi 12:1, atau kendaraan dengan teknologi supercharger maupun turbocharger. Selain itu Pertamax Turbo juga memiliki kandungan sulfur di bawah 50 ppm, yang artinya menghasilkan gas buang dengan kadar karbon relatif rendah. Dilengkapi formula PERTATEC dan Ignition Boost Formula, Pertamax Turbo dirancang untuk menjaga mesin agar bebas karat, lebih tahan lama, efisien, dan meningkatkan akselerasi kendaraan.
 
“BBM dengan RON rendah pada jangka panjang berdampak signifikan terhadap lingkungan, dan pada akhirnya kesehatan kita. Dengan menjaga kualitas udara, kita juga menjaga kesehatan tak hanya untuk saat ini tapi untuk anak cucu kita,” ujar Eko.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif