Terdapat teknik eco driving ketika memulai perjalanan. Mazda
Terdapat teknik eco driving ketika memulai perjalanan. Mazda

Teknik Benar Menyalakan Mobil Versi Eco Driving

Otomotif safety driving tips knowledge
Ekawan Raharja • 03 Januari 2019 16:44
Jakarta: Teknik berkendara eco driving sangat berguna jika pengemudi ingin mendapatkan efisiensi bahan bakar terbaik. Salah satu kunci berkendara ini dimulai dari menjalankan mobil pertama kali.
 
Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menjelaskan teknik eco driving sangat cocok untuk menghemat penggunaan bahan bakar. Bahkan untuk menjalanan mobil pertama kali pun ada triknya.
 
"Dengan menerapkan eco driving, pengemudi bisa mendapatkan efisiensi mobil dengan baik. Bensin lebih irit, dan pergerakan mobil lebih halus," ucap Jusri kepada Medcom.id melalui sambungan telepon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 
Teknik bisa dilakukan untuk mobil bertransmisi otomatis maupun manual. Meski tekniknya sedikit berbeda, namun intinya adalah memulai pergerakan sehalus mungkin.
 
Untuk mobil bertransmisi otomatis, terbilang cukup mudah. Di mulai dengan menginjak pedal rem, kemudian memindahkan tuas perseneling ke posisi drive (D), dan angkat pedal remnya. Jika mobil sudah mulai bergerak, baru pedal gas di injak perjalan untuk memberikan tenaga.
 
Tidak jauh berbeda dengan mobil bertransmisi manual, di mulai dari menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas perseneling ke posisi 1. Angkat pedal kopling perlahan, dan biarkan ban sampai menggelinding, dan baru ditambah tenaga dengan menginjak pedal gas.
 
"Intinya di mulai sehalus mungkin, sehingga mobil biarkan bergerak dahulu dan baru ditambahkan tenaga."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi