Pool balai lelang Auksi di kawasan Ciledug. (dok medcom)
Pool balai lelang Auksi di kawasan Ciledug. (dok medcom)

5 Tips Jitu Beli Mobil Lelang untuk Pemula

Otomotif lelang mobil mobil bekas
Adri Prima • 26 Januari 2021 22:25
Jakarta: Lelang kendaraan bermotor merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan kendaraan dengan harga super miring. 
 
Selain itu, ada tiga keuntungan dari sistem pembelian kendaraan via lelang, antara lain cepat dan efisien, transparan dan objektif, serta terjamin dari sisi aspek hukum. 
 
Namun terkadang ada beberapa faktor yang membuat konsumen justru membeli dengan harga tinggi. Karena itu, ada beberapa tips untuk kalian yang ingin membeli kendaraan via lelang.

1. Jangan terpancing emosi

Niat beli mobil harga murah, tapi ujung-ujungnya malah mahal. Hal ini terjadi karena ketika ikut lelang si konsumen terbawa emosi karena sudah terlalu naksir dengan satu unit incarannya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Operation Head PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi), Bady Qadarsyah mengimbau agar saat ikut lelang jangan pernah terbawa emosi. "Karena nafsu yang menggebu-gebu membuat konsumen malah dapat harga tinggi. Kadang terlihat murah tapi ketika ikutan lelang ternyata harganya mahal juga," kata Bady kepada Medcom.id. 

2. Tentukan unit incaran dan cek harga pasaran

Tips penting lainnya untuk pemula yang ingin mencoba memberi kendaraan dengan cara lelang adalah dengan mencari tahu serba-serbi unit yang akan dibeli, kemudian cek harga di pasaran sehingga Anda punya patokan batas bawah dan atas dari dana yang dipersiapkan. 

3. Cek kondisi unit sebelum menawar

Tidak kalah penting adalah konsumen harus teliti saat melakukan pengecekan unit sebelum melakukan penawaran. Disarankan untuk mengajak teman atau kerabat yang mengerti saat mengecek kondisi kendaraan. 

4. Tentukan pilihan minimal dua unit

Lebih baik jangan fokus pada satu unit saja. Anda bisa mematok beberapa unit yang sesuai dengan budget, sehingga ketika kalah bid pada pilihan (kendaraan) pertama, Anda bisa ikutan lagi di slot yang lain.

5. Pilih balai lelang yang kredibel

Pemilihan balai lelang cukup penting. Pasalnya, balai lelang yang kredibel itu memiliki badan hukum, punya kantor, dan pastinya punya pool untuk menampung unit-unit kendaraan yang dilelang. 
 
Jika sudah melakukan tips di atas, kalian cukup memahami tata cara proses lelangnya, dan jangan sungkan untuk bertanya ke panitia lelang. 
 
(ACF)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif