Kenali 2 kesalahan ketika menghidupkan ac mobil. Suzuki
Kenali 2 kesalahan ketika menghidupkan ac mobil. Suzuki

Tips Otomotif

2 Kesalahan Umum Ketika Menghidupkan AC Mobil

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 22 Oktober 2020 12:00
Martorell: Air Conditioner (AC) merupakan salah satu fitur yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan selama perjalanan dengan menjaga suhu dalam kabin tetap sejuk. Meski pengoperasinnya terbilang mudah, namun masih banyak penumpang yang masih melakukan kesalahan ketika menggunakan fitur satu ini.
 
Sebuah produsen mobil asal Spanyol, SEAT, melakukan riset soal kesalahan penumpang ketika menggunakan AC. Kesalahan yang dilakukan ini ternyata membuat efektivitas AC berkurang dan bahkan bisa menghadirkan resiko kerusakan.
 
Kesalahan yang lazim dilakukan adalah langsung menyalakan AC dengan suhu paling rendah dan hembusan angin paling kencang ketika masuk ke dalam mobil. Padahal mobil usai di jemur di bawah terik matahari dan kondisi kabin sangat panas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini merupakan salah satu kesalahan yang membuat AC tidak bekerja maksimal dan berpengaruh terhadap komponen AC. Menyalakan AC secara maksimal ketika mobil sedang dijemur di bawah matahari malah akan membuat udara panas yang ada di dalam AC masuk ke dalam mobil, sehingga tidak membuat udara di kabin menjadi lekas sejuk.
 
Cara yang paling benar adalah membuka jendela agar udara memiliki sirkulasi dan bisa menurunkan suhu di dalam turun. Setelah itu baru hidupkan AC sehingga akan lebih efektif dan kabin lekas sejuk.
 
Kesalahan lainnya yang acap dilakukan adalah mengarahkan hembusan angin langsung ke muka supaya merasakan udara sejak. Padahal cara ini kurang tepat dan menurut Insinyur dari Pusat Teknik SEAT, Ángel Suárez, kurang efektif.
 
"Jika penumpang di baris belakang mengatakan mereka tidak bisa merasakan udara sejuk, artinya arah hembusan udaranya salah. Ini bukan perkara temperatur, tapi ke arah mana udara mengalir dalam kabin mobil," terang Ángel Suárez dikutip dari Autoevolution.
 
"Arah hembusan harusnya condong ke atas, bukan ke arah muka. Maka udara akan mengalir ke sekitar interior mobil dan memberikan kesejukan pada semua penumpang secara konstan," tambah Suarez.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif