Tips Knowledge

Ganti Kaca Film, Waspada Anti-Fog Rusak

Ahmad Garuda 12 Juli 2018 19:15 WIB
tips knowledge
Ganti Kaca Film, Waspada <i>Anti-Fog</i> Rusak
Melepas kaca film di bagian belakang, waspadai anti-fog rusak. Youtube
Jakarta: Mengganti kaca film bawaan yang biasanya dijual sepaket dengan mobil baru, jadi pilihan jika spesifikasi pelindung privasi di kabin mobil itu dirasakan kurang baik. Namun untuk mobil-mobil yang dilengkapi dengan fitur anti-fog atau anti kabut, sebaiknya hati-hati jika ingin mengganti kaca film bagian belakang.

Mengingat fitur anti-fog yang biasanya terdapat di kaca bagian belakang, akan ikut tercabut. Anti-fog ini merupakan bentangan kawat halus yang membentuk garis-garis di permukaan kaca bagian dalam. Tujuannya untuk memanaskan kaca di belakang jika mulai berembun karena ada perbedaan suhu di kabin dan di luar kabin mobil.

Menurut GM Sales & Marketing PT Global Auto International (GAI), Andy Hartono yang merupakan distributor kaca film merek Konica Minolta di Indonesia, bahwa mengganti kaca film di kaca yang terdapat fitur anti-fog, itu adalah masalah yang besar.

Membersihkan lem yang masih menempel juga jadi pekerjaan sulit di bagian anti-fog


"Itu benar, karena bentangan kawat-kawat itu kan bersentuhan langsung dengan kaca film yang ada perekatnya. Nah, salah satu trik untuk melepas kaca film adalah dengan menggunakan pemanas, itu pun tak cukup ampuh. Tetap akan ada bagian yang berisiko putus meski harus menggunakan heat gun (tembak pemanas)," ujar Andy saat berbicara dengan Medcom.id di Brewerks, Senayan City pada Rabu (11/7/2018).

Namun ada juga yang mengakalinya dengan cara melapis langsung kaca film bawaan dengan kaca film yang baru. Namun Andy kemudian menegaskan bahwa kalau cara pemasangannya seperti ini, maka garansi yang mereka tetapkan takkan berlaku.

"Karena kaca film kami tak menempel langsung ke permukaan kaca. Artinya garansi kekuatan dan presisi kaca film kami, tak bisa kami jamin. Jadi ada baiknya sebelum memasang kaca film memastikan lebih dulu bagian yang ini tidak ada masalah."

Solusi lain yang disarankan oleh Andy adalah jika Anda baru ingin membeli mobil, sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu soal paket kaca film yang diberikan agar sesuai keinginan. Namun jika mobilnya sudah ada dan kaca film ingin diganti, satu-satunya cara adalah dengan memberitahukan kepada teknisi kaca film agar bisa meminimalisir kerusakan di anti-fog miliknya.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id