Tips Knowledge

Haruskah Posisi AC Mati Sebelum Mesin Dinyalakan?

M. Bagus Rachmanto 10 September 2018 18:03 WIB
tips knowledge
Haruskah Posisi AC Mati Sebelum Mesin Dinyalakan?
AC perlu dirawat dengan baik agar kinerjanya tetap baik dan memiliki masa pakai yang panjang. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: AC merupakan salah satu fitur kenyamanan berkendara yang sangat dibutuhkan mayoritas penumpang mobil. Namun jika fitur satu ini tidak dirawat, kinerjanya akan menurun secara perlahan sehingga tak lagi bisa mendinginkan.

Selain perawatan, cara pengoperasiannya juga perlu diperhatikan. Ada anggapan bahwa menyalakan AC baiknya menyalakan mesin terlebih dulu. 

Fahmi, pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor, membeberkan kepada Medcom.id bahwa anggapan tersebut tidaklah benar. Menurutnya, kondisi AC yang mati atau hidup saat mesin dinyalakan tidak berhubungan dengan rusaknya kompresor.


"Mematikan AC sebelum mematikan mesin mobil bertujuan untuk meringankan beban mobil saat dinyalakan kembali, jadi tidak berpengaruh terhadap kompresor AC," ucap Fahmi di Bekasi, beberapa waktu lalu. 

Ada beberapa cara sederhana untuk merawat AC. Diharapkan dengan langkah sederhana ini, AC bisa tetap dingin dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.
 
1. Pastikan Kabin Mobil Selalu Bersih
Kondisi interior mobil berpengaruh terhadap kinerja AC. Jika mobil kotor, kotoran akan masuk ke dalam filter AC. Jika sudah begini, filter AC harus bekerja lebih keras untuk menyaring udara dari debu dan kotoran. Alhasil masa pakai filter AC jadi berkurang.

2. Buka Kaca Sebelum Menyalakan AC
Sempatkan membuka kaca sebelum menyalakan AC. Setelah itu, gunakan blower yang tertinggi. Hal ini bertujuan agar uap panas kabin cepat keluar sehingga membuat kinerja AC bekerja secara maksimal.

3. Jangan Biarkan AC Bekerja Terus Menerus
Jika menempuh perjalanan jauh, sebaiknya sempatkan mematikan AC beberapa saat. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC dan menghindari pembekuan di saluran AC.

4. Bersihkan Kondensor AC
Membersihkan kondensor AC secara berkala dengan cara menyemprotkan air. Kondensor yang bersih menjadikan hembusan udara dari AC akan lebih cepat dingin.

Selamat mencoba!



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id