Perawatan Kendaraan

Trik Bersihkan Kerak Tanpa Turun Mesin

Ekawan Raharja 08 Agustus 2018 13:51 WIB
perawatan kendaraan
Trik Bersihkan Kerak Tanpa Turun Mesin
Pembersihan mesin dengan cairan kimia produk BG Indonesia menjadi bagian layanan bengkel resmi Volkwagen Indonesia.
BSD City: Dahulu kala, membersihkan kerak-kerak di dalam mesin diperlukan servis besar untuk melakukan pembongkaran. Tetapi saat ini untuk membersihkan mesin cukup dengan menggunakan cairan kimia.

Seperti BG Indonesia yang mawarkan produk cairan adiktif untuk membersihkan kerak-kerak di ruang oli dan ruang bensin. Performa mobil kembali maksimal dengan membersihkan kerak-kerak dalam ruang pembakaran.

"Kalau dulu untuk membersihkan kerak-kerak mesin, perlu waktu berjam-jam karena perlu turun mesin. Cuma sekarang dalam hitungan beberapa jam, sudah bisa dibersihkan," ujar Direktur PT Karya Prima Utama, Judi P Pangestu di sela-sela GIIAS 2018.


BG EPR atau Engine Performance Restoration terbuat dari bahan kimia khusus (synthetic detergent) yang berfungsi membersihkan seluruh bagian dalam ruang mesin yang dilintasi oleh pelumas untuk memberantas kerak atau deposit yang timbul di jeroan mesin.

Seperti kerak di hydraulic lifter klep yang terindikasi dari bunyi berisik, kerak karbon di ruang bakar yang menyebabkan tekanan kompresi ruang bakar jadi turun dan deposit di sela-sela ring piston yang menyebabkan pemuaian dan pergerakan ring piston jadi tidak sesuai sehingga mengeluarkan asap putih di knalpot.

Sementara BG 44K (Combustion and Catalytic Coverter Cleaner) adalah sebuah chemical carbon cleaner yang memiliki fungsi untuk membersihkan seluruh jalur saluran bahan bakar mulai dari tangki bahan bakar, filter bensin, pompa bensin, fuel line hingga injektor. Saat cairan ini telah tercampur dengan bahan bakar kendaraan, cairan ini juga memiliki sifat membersihkan kerak seputar klep, ruang bakar dan saluran gas buang.

Cairan aditif yang ditambahkan saat pelumas baru kendaraan sudah  diganti baru ini berfungsi meningkatkan proteksi komponen internal mesin yang secara otomatis mampu meningkatkan performa dari jeroan dalam mesin tersebut.

"Sekarang ini bahkan kita sudah bekerja sama dengan Volkswagen Indonesia, pengerjaan ini bisa dilakukan di dealer resmi. Harganya sekitar Rp1,8 juta dan diharuskan dilakukan di bengkel kami," jelas Judi.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id