Jaga kecepatan dan jarak meminimalisir kecekaan saat hujan. ManilaTimes
Jaga kecepatan dan jarak meminimalisir kecekaan saat hujan. ManilaTimes

Atur Kecepatan, Kunci Berkendara Aman saat Hujan

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 11 Januari 2019 10:47
Jakarta: Mengemudi di bawah guyuran hujan membutuhkan konsentrasi yang lebih, mulai dari jarak pandang yang terbatas, mengatur jarak pengereman yang aman, hingga tidak ngebut dan waspada memperhatikan lingkungan sekitar.

Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, menjelaskan jarak ideal saat mengemudi di bawah guyuran hujan harus lebih jauh dari kondisi biasanya. Dia berucap jarak ideal antar mobil saat hujan adalah 4-5 detik.

Selain itu yang paling sederhana untuk mencegah terjadinya kecelakaan ketika mengemudi saat hujan aadalah tidak ngebut, atau mengurangi laju/kecepatan mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Seperti diketahui hujan yang baru saja turun membuat jalanan menjadi sangat licin. Tingkat kelicinannya pun berbeda dengan jalan yang sudah lama basah karena hujan. Ini disebabkan oleh jalanan yang tadinya kering, menjadi basah, karena air masih bercampur dengan pasir, tanah maupun lumpur. 

"Mengurangi kecepatan mobil saat hujan penting dan wajib dilakukan. Saat hujan jalanan bukan hanya licin karena air, namun bisa juga licin karena ada elemen lain seperti tanah, apalagi bercampur dengan oli yang berceceran," kata Herry di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Herry menuturkan, dengan kondisi tersebut bukan tidak mungkin ban mobil Anda tergelincir atau slip. Supaya hal itu tidak terjadi, kemudikan mobil dengan kecepatan rendah.

"Mobil yang melaju dengan kecepatan rendah akan membuat alur ban bersentuhan langsung dengan aspal. Ini tentunya akan membuat daya cengkram ban menjadi sangat baik," tutupnya.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi