Pemilik sebaiknya mengenali dulu karakter cat dan wax yang cocok. Medcom.id
Pemilik sebaiknya mengenali dulu karakter cat dan wax yang cocok. Medcom.id

Trik Pilih Obat Poles Bodi yang Sesuai Karakter Cat Mobil

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 05 Januari 2019 12:00
Jakarta: Menjaga penampilan mobil merupakan bagian dari pwrawatan mobil. Tidak sedikit orang yang melakukan perawatan untuk mobil kesayangannya, termasuk melakukan waxing sendiri di rumah. Apalagi pada kondisi musim hujan yang rentan terjadinya waterspot di bodi kendaraan.

Arya Danu Pangayunan, penghobi otomotif, memberikan sedikit tips cara merawat mobil. Sebelum waxing kendaraan kesayangan, pemilik sebaiknya mengenali dulu karakter cat dan wax yang cocok.

"Anda perlu mengetahui tipe cat kendaraan. Tipe cat kendaraan perlu diketahui sebagai patokan dalam memilih produk perawatan yang cocok agar nantinya tidak menderita kerugian," jelas Arya melalui blog-nya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Tipe cat yang pertama adalah Nitro Celulose (NC) yang biasanya digunakan pada mobil di era tahun 80-an. cat ini memiliki karakteristik yang tidak stabil dalam hal warna dan kilap, sehingga perlu sering di wax. Arya menyarankan untuk jenis cat ini sebaiknya menggunakan wax berbahan silikon seperti Slicon Glaze Car.

Jenis cat yang kedua adalah Nitro Celulose Modified (NC Modified) yang biasa digunakan pada mobil-mobil di pertengahan era tahun 90-an. Secara keseluruhan tipe cat ini mirip dengan NC, namun dengan karakteristik warna yang lebih kuat dan stabil. Obat wax-nya pun juga tidak berbeda, masih menggunakan obat berbahan silikon seperti Slicon Glaze car.

Jenis terakhir adalah mobil berbahan dasar polyurethane (PU) yang biasa digunakan oleh mobil di tahun 2000 ke atas. Cat PU lebih kuat dibandingkan dua jenis sebelumnya, sehingga cukup menggunakan obat berbahan dasar organik atau carnauba. Banyak pilihan yang dibisa digunakan seperti Turtle Wax, Meguiar's, Mother's, Zymol, dan obat poles lainnya berbahan carnauba.

Nah sudah tahu jenis-jenis cat mobil anda? Jadi jangan salah pilih obat poles.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi