Parkir mobil di bawah terik sinar matahari langsung dapat membunuh virus korona yang ada di dalam mobil. Auksi
Parkir mobil di bawah terik sinar matahari langsung dapat membunuh virus korona yang ada di dalam mobil. Auksi

Tips Otomotif

Parkir Mobil di Bawah Sinar Matahari Bisa Bunuh Virus Korona

Otomotif tips mobil tips motor tips otomotif
Ekawan Raharja • 08 Oktober 2020 10:00
Georgia: Dahulu parkir mobil di bawah sinar matahari langsung sangat dihindari karena panasnya bisa merusak sejumlah komponen dan berbahaya bagi anak kecil atau binatang peliharaan. Tetapi di kala pandemik Covid-19 sekarang ini malah disarankan untuk memarkirkan mobil langsung di bawah terik sinar matahari.
 
Sebuah riset dari University of Georgia mengenai efek rumah kaca di mobil, panas matahari yang melalui kaca mobil, dapat membunuh virus penyebab virus Korona. Penelitian tersebut menjelaskan, sinar matahari bisa membuat suhu luar 21 derajat celcius yang relatif sejuk bisa melonjak hingga 45 derajat celcius dalam waktu satu jam, seperti dikutip dari Motor1.
 
Panas tersebut bisa membunuh berbagai organisme multisel, termasuk SARS-CoV-2 virus. Namun perlu diingat virus yang dibunuh ini yang menempel di permukaan benda-benda di mobil, bukan yang sudah masuk ke dalam tubuh manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masih menurut hasil riset yang dilakukan, panas diakui oleh mereka memang bisa membunuh virus yang menempel di kertas, plastik, dan berbagai bahan lainnya. Virus ini bisa hidup di atas benda selama tiga hari apabila berada di suhu 22 derajat celcius. Kemudian virus diklaim bisa 99,8 persen mati apabila berada hidup di suhu 54 derajat celcius dalam waktu 20 menit, sedangkan di suhu 65 derajat celcius maka virus bisa mati dalam hitungan 5 menit.
 
"Pengujian yang lebih banyak perlu dilakukan, tetapi kami tahu bahwa semakin hangat Anda membuatnya, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan virus untuk mati," kata Profesor Ilmu Kesehatan Lingkungan Universitas Georgia, Travis Glenn.
 
Tentu cara sederhana ini sangat efektif dilakukan di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Tinggal bagaimana Anda memilih, menjaga kondisi mobil dari sinar matahari atau membunuh virus-virus yang menempel di mobil?
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif